Minggu, 21 April 2024

Pelindo Marines Raih 3 Penghargaan CSR

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kartiko Adi saat menerima ICEA 2022, Kamis (10/3/2022). Foto: Humas Pelindo

Dukung percepatan realisasi SDG’s (Sustainable Development Goals), Pelindo Marines (BUMN Pelindo Group) meraih 3 penghargaan dari ICEA 2022 pada Rabu (9/3/2022). Apresiasi tersebut diberikan untuk tiga inisiatif Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL/CSR) yang telah dilaksanakan Pelindo Marines pada bidang pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, pelestarian lingkungan, dan penanggulangan dampak Pandemi Covid-19.

Pada diskusi di ICEA (Indonesia Corporate Social Responsibility Exellence Award) 2022, Tedy Purnama Koordinator Bidang TJSL Kementerian BUMN menjelaskan tentang Paradigma Baru Program TJSL Kementerian BUMN. Kini wujud komitmen BUMN di Indonesia dalam memberikan manfaat sosial, lingkungan, ekonomi, serta hukum dan tata kelola berprinsip untuk lebih akuntabel, terintegrasi, terarah, dan terukur.

“Lebih akuntabel dengan mematuhi prinsip tata kelola perusahaan yang baik (GCG), terintegrasi karena Program TJSL juga bisa menjadi tools mitigasi risiko atas potensi perusahaan, terarah dengan semakin sejalan SDGs, dan terukur dampaknya dengan SROI (Social Return on Investment) yang bisa terus ditingkatkan dan berkelajutan,” jelas Tedy.

Adapun 3 inisiatif program CSR yang telah dilakukan oleh Pelindo Marines adalah aksi Suka Bumi yang merupakan pelestarian bakau diganjar Excellence in Green & Environmental Management pada ICEA 2022, aksi penggalangan donor darah dan plasma konvalesen yang diadakan di atas Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga yang berhasil menyabet penghargaan Best Covid-19 Program, selanjutnya inisiatif bantuan dana pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus di sebuah PAUD di eks-lokalisasi Kampung Dolly Surabaya pada Peringatan Hari HAM Sedunia, diapresiasi sebagai Best Program in Education Scholarship Category pada ICEA 2022.

Kartiko Adi Plt. Direktur Utama Pelindo Marines, menyampaikan rasa syukur atas apresiasi yang diberikan. Kartiko juga berterima kasih kepada Dewan Juri dan panitia. Ia menyampaikan bahwa aksi kepedulian Program Mariners Peduli dapat terlaksana dengan baik, atas kolaborasi dari berbagai pihak.

“Dalam sejumlah aksi sosialnya, Mariners Peduli mengajak kolaborasi mulai dari startup pariwisata dan circular economy, pegiat sosial, media, instansi pemerintah dan militer, serta medis, hingga ikatan alumni universitas. Karena kami yakin, kolaborasi dalam kebaikan akan melipatgandakan manfaat dari kebaikan tersebut untuk masyarakat,” ungkapnya.

Prof. Dr. Martani Huseini, mewakili Dewan Juri ICEA 2022 dalam sambutannya mengungkapkan, ada 3 hal penting yang bisa dipetik dari adanya ajang apresiasi CSR korporasi di Indonesia.

“Pertama, penghargaan untuk aksi CSR korporasi penting sebagai apresiasi. Sekaligus mendukung korporasi di Indonesia agar semakin gencar melaksanakan CSR dalam koridor SDGs. Kedua, terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 berpotensi menjadi momen promosi aksi CSR. Bahwa CSR korporasi Indonesia berkontribusi pada kebangkitan Indonesia dari Pandemi Covid-19 dan agar bisa menjadi peneladanan bagi negara-negara lain. Ketiga, kembali pada tujuan utama aksi CSR yang diharapkan menjadi wujud kepedulian korporasi dalam memberikan dampak secara sosial, ekonomi, dan juga akademis,” papar Guru Besar Universitas Indonesia tersebut. (tha/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version