Rabu, 1 Mei 2024

Shibori Nawangsari Tambah Koleksi Batik Khas Daerah Magetan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suprawoto Bupati Magetan didampingi jajaran meluncurkan batik Shibori Nawangsari yang merupakan motif batik khas Magetan terbaru hasil karya warga Kelurahan Tawanganom, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (11/12/2022). Foto: Diskominfo Kabupaten Magetan

Suprawoto Bupati Magetan menyatakan corak Shibori Nawangsari yang merupakan batik produksi warga Kelurahan Tawanganom menambah jumlah koleksi batik khas di wilayah setempat.

“Terima kasih untuk para perajin Batik Shibori Nawangsari. Ini adalah salah satu upaya kita menggerakkan ekonomi kerakyatan,” tuturnya di Magetan, Minggu (11/12/2022) dikutip Antara.

Pihaknya mengapresiasi warganya yang telah kreatif sehingga mampu meluncurkan koleksi batik baru sebagai upaya untuk mendongkrak perekonomian dan budaya daerah Magetan.

Agar pasar batik tetap bisa berjalan di Magetan, pihaknya juga meminta warga setempat harus bangga dengan cara menyukai dan memakai produk khas Magetan.

“Oleh sebab itu, Saya selalu pakai batik khas Magetan. Jarang Saya pakai batik dari daerah lain,” kata Kang Woto, sapaan akrabnya.

Safaat Setia Romadhon Lurah Tawanganom mengatakan batik Shibori Nawangsari memiliki corak atau motif khas semut dan lintang.

“Semut mengandung filosofi kebersamaan yang artinya bersama-sama guyub rukun mewarnai Kelurahan Tawanganom. Adapun lintang mengandung filosofi meskipun jauh dan kecil bentuknya tapi tetap dapat menyinari jagat raya,” ucapnya.

Safaat menjelaskan saat ini ada sebanyak delapan perajin batik Shibori Nawangsari di Kelurahan Tawanganom. Ke depan diharapkan batik tersebut dapat masuk ke toko-toko pakaian maupun bahan pakaian di daerah Magetan.

Sebagai informasi, data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan menyebutkan saat ini terdapat 50 kerajinan batik yang telah tercatat di Disperindag setempat.

Keberadaan batik tersebut dinilai semakin mendorong sektor ekonomi dan pariwisata yang menjadi andalan di Kabupaten Magetan.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version