Jumat, 19 April 2024

6.256 Jemaah Embarkasi Surabaya Sudah Diberangkatkan ke Arab Saudi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jemaah Haji kloter satu waktu mengantre masuk ke dalam pesawat Boeing 747 Saudi Arabia Airlines, Rabu (24/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sebanyak 6.256 jemaah Asrama Haji Embarkasi Surabaya tercatat sudah menginjakkan kaki di Arab Saudi, per Senin (29/5/2023). Total 14 kloter telah diberangkatkan lewat Bandara Udara Internasional Juanda.

Husnul Maram Ketua Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) mengatakan, kloter 14 yang baru diberangkatkan hari ini berjumlah 450 jemaah asal Magetan.

“Untuk kloter 1-11 jemaahnya sudah di Madinah semua. Kalau 12-13 baru terbang, untuk 14 baru kita berangkatkan,” ucap Husnul Maram.

Selain itu, pada Minggu (28/5/2023), Maram menyebut ada tujuh jemaah yang gagal berangkat karena terkendala visa. Hingga kini para jemaah itu berada di Asrama Haji untuk menunggu perkembangan visa mereka.

Kemudian juga ada tiga jemaah yang sakit dan harus mendapat perawatan terlebih dulu sehingga menunda keberangkatan. “Satu jemaah dirawat di Rumah Sakit Umum Haji. Yang dua pulang kendaerahnya,” tutur Maram.

Kemudian untuk mengantisipasi open seat atau kursi kosong dalam keberangkatan jemaah Haji ini, Maram mengingatkan kabupaten/kota supaya menyiapkan cadangan jemaah Haji.

Nantinya, PPIH akan mengirim Surat Panggilan Masuk Asrama Haji (SPMA) kepada para jemaah cadangan di kabupaten/kota, menjelang keberangakatan ke Tanah Suci.

“Jadi (kabupaten/kota) harus menyiapkan jemaahnya yang beres semuanya. Artinya kesiapan jemaah itu sendiri dan dokumen-dokumennya sudah tuntas,” ujar Maram. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version