Jumat, 19 April 2024

8.479 JCH Telah Diberangkatkan Melalui Bandara Soetta

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Ratusan jemaah haji kloter pertama akan berangkat. Foto: suarasurabaya.net

M Holik Muardi Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta mengatakan sebanyak 8.479 jemaah calon haji (JCH) berasal dari tiga provinsi, telah diberangkatkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

“Sudah 8.479 jemaah calon haji diberangkatkan. Mereka berasal dari DKI Jakarta, Banten dan Lampung di Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede,” ucap Holik seperti dilansir Antara, Kamis (1/6/2023).

Rinciannya, jemaah calon haji dari DKI Jakarta sebanyak 3.047 orang, Lampung 2.228 orang dan Banten sebanyak 3.104 orang.

“Seluruhnya diterbangkan oleh dua maskapai. Pertama Garuda Indonesia serta Saudia Airlines,” katanya.

Holik menyebutkan, untuk jadwal keberangkatan, Rabu (31/5/2023) kemarin, terdapat tiga penerbangan dengan jumlah JCH sebanyak 1.145 orang yang berasal dari Provinsi Lampung dan DKI Jakarta.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 369 jemaah calon haji dari DKI Jakarta akan diterbangkan dengan pesawat Saudia Airlines SV 5589 pada pukul 03.45 WIB. Disusul sebanyak 388 jemaah calon haji yang juga dari DKI Jakarta, diberangkatkan dengan maskapai Garuda Indonesia GA 7318 pukul 04.40 WIB.

“Untuk jemaah calon haji asal Provinsi Lampung sebanyak 388 orang yang diterbangkan oleh Garuda Indonesia GA 7319 pada pukul 14.30 WIB. Seluruhnya (akan) sampai di Madinah pada esok hari (1 Juni 2023),” kata Holik.

Ia menambahkan, selama proses pemberangkatan, para calon haji ini diwajibkan melewati apron timur yang terhubung dengan makaron atau tempat pemeriksaan imigrasi dari Pemerintah Arab Saudi di Terminal 2D Bandara Soetta.

“Pasalnya, secara aturan para jemaah calon haji harus steril untuk memudahkan mereka saat tiba di Madinah. Karena, nanti di Madinah tidak lagi diperiksa lagi dokumen keimigrasiannya dan bisa langsung menuju hotel,” kata dia.

Sementara jemaah calon haji Indonesia yang sudah berada di Arab Saudi dan sebelumnya berada di Madinah selama delapan sampai sembilan hari, akan bergerak ke Mekkah, mulai Kamis (1/6/2023) hari ini.

Pada hari pertama, akan ada 1.899 calon haji dengan menggunakan 43 bus yang akan mengambil miqot di Bir Ali atau Dzul Hulaifah. (put/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version