Jumat, 19 April 2024

Ciptakan Lingkungan Sehat, Warga Ketintang Gencarkan Kerja Bakti Rutin

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pengangkutan sampah hasil kerja bakti oleh warga di RT 8 RW 3 Ketintang, Gayungan, Surabaya, pada Minggu (29/1/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puluhan warga RT 8 RW 3 Kelurahan Ketintang, Kecamatan Gayungan, Surabaya, Jawa Timur, melakukan kerja bakti massal bertajuk Surabaya Bergerak, pada Minggu (29/1/2023).

Anna Savanah Ketua RT 8 RW 3 mengatakan, kegiatan kerja bakti hari ini fokus membersihkan area sekitar jalan utama, saluran air, dan perantingan pohon.

“Ini sebagai upaya untuk menjaga kerapian dan kelestarian lingkungan di area ini,” ucapnya kepada suarasurabaya.net seusai melakukan kerja bakti.

Kgiatan itu juga dilakukan untuk mencegah banjir kalau terjadi hujan deras di wilayah Ketintang.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan agenda kerja bakti sebetulnya agenda rutin warga lingkungannya.

“Kami melakukan bertahap, dari beberapa hari yang lalu sudah dimulai, karena kalau sekaligus pasti kerjanya berat dan bakal ada penumpukan,” ungkapnya.

Suasana kerja bakti warga RT 03 RW 04 Ketintang, Gayungan, Surabaya, pada Minggu (29/1/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, Dwi Zonara Wakil Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Ketintang menyatakan, kerja bakti ke depan akan diadakan secara rutin.

“Sudah amanat dari kelurahan, karena masing-masing dari RT dan RW itu harus ada laporan bulanan bahwa ada kegiatan pemberdayaan, di antaranya untuk kebersihan,” ungkapnya.

Menurutnya, kerja bakti itu juga merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kesadaran warga akan kebersihan.

“Jadi, untuk ke depannya kami akan mempertahankan apa yang sudah baik,” pungkasnya.(ris/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version