Kamis, 18 April 2024

Cuaca di Jatim Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, memprakirakan cuaca di wilayah Jawa Timur berpotensi hujan lebat, disertai petir dan angin kencang pada Sabtu (4/2/2023).

Prakiraan cuaca untuk pagi dan malam hari, cerah berawan, berkabut, hujan ringan – sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan untuk siang – sore hari, cerah berawan, hujan ringan – sedang, dan hujan lebat disertai petir. Dini hari, diprakirakan cerah berawan, berkabut, hujan ringan – sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara diprakirakan berkisar 16 – 32 derajat celcius, kelembapan udara sekitar 65 – 100 derajat celcius dan untuk angin didominasi oleh angin dari barat – barat daya dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

BMKG Juanda Surabaya juga memberikan peringatan dini akan potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pagi hari, potensi hujan diprakirakan berada di wilayah Sidoarjo, Nganjuk, Jember, dan Banyuwangi. 

Siang – sore hari, berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Kabupaten Mojokerto, Gresik, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Kota Madiun, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Malam hari, di wilayah Kabupaten Probolinggo, Situbondo, dan Sumenep. Sementara untuk dini hari, berpotensi di wilayah Gresik dan Bangkalan.

Prakiraan cuaca untuk wilayah perairan Jawa Timur, Sabtu (4/2/2023) juga telah disampaikan oleh BMKG Tanjung Perak, Surabaya. Terdapat pula peringatan akan tinggi gelombang yang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudra Hindia Selatan.

Prakiraan cuaca berpotensi hujan ringan – sedang dapat terjadi di sebagian besar wilayah Perairan Jatim. Hujan lebat berpotensi terjadi di Samudra Hindia Selatan Jatim.

Arah angin didominasi dari barat – barat laut, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 18 knots (33 km/jam) dan Samudra Hindia Selatan Jatim 37 knots (68 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura berkisar antara 0.2 – 1.0 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.2 – 1.3 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim berkisar antara 0.2 – 5.5 meter.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version