Sabtu, 20 April 2024

Diagendakan Bergatian Tiap RW, Warga Jemur Wonosari Makin Antusias Ikut Surabaya Bergerak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Salah seorang warga Jemur Wonosari RW 9 sedang mengangkut glangsing hasil kerja bakti, Minggu (22/1/2023). Foto: Ihza suarasurabaya.net

Kegiatan kerja bakti massal “Surabaya Bergerak” di Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur yang diagendakan secara bergantian setiap RW, disambut antusias oleh warga.

Sejak gerakan tersebut resmi diluncurkan pada November 2022 oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Kelurahan Jemur Wonosari hampir tidak pernah ketinggalan ikut serta.

Choirul Anam Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) setempat mengatakan, fokus kerja bakti mereka tidak melulu soal membersihkan sedimen.

“Kerja bakti massal kami tidak hanya bersih-bersih saluran air. Mulai perampingan dan penataan pohon untuk mempercantik lingkungan, hingga pembongkaran bangunan liar di atas saluran yang tidak sesuai,” ucapnya pada Radio Suara Surabaya, Minggu (22/1/2023).

Anam menyebut tiap minggunya warga selalu memulai giat kerja bakti sekitar pukul 06.00 WIB. Dia bersama dengan LPMK setempat pun ikut serta kerja bakti bersama warganya.

“Kalau hari ini, lokasi kerja baktinya gantian di RW 9. Total ada delapan RT yang kerja bakti. Ini baru selesai pukul 10.30 WIB, tinggal nunggu glangsingnya sekitar 350 buah dan nanti diangkut armada DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Pemkot,” paparnya.

Lebih lanjut, dia juga mengapresiasi Program Surabaya Bergerak. Menurutnya, gerakan yang diintegrasikan secara berkala di Jemur Wonosari jadi bagian penguatan pemimpin dari RT/RW untuk menggerakkan warganya.

“Sayang kalau program ini cuma jadi slogan Pemkot, tapi tidak diikuti maksimal oleh teman-teman di bawahnya seperti RT/RW. Apalagi kalau bicara soal pembangunan, harusnya semua warga juga ikut,” ucapnya.

Sekadar informasi, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version