Rabu, 1 Mei 2024

Dirlantas Polda: Empat Titik Jalur Mudik di Jatim Perlu Pengaturan Ekstra

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kombes Pol Taslim Chairuddin Dirlantas Polda Jatim waktu ditemui di Bundaran Waru, Jumat (24/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur telah melakukan analisa jauh-jauh hari sebelum perayaan Idulfitri untuk melakukan antisipasi pengaturan lalu lintas saat momentum mudik nanti.

Kombes Pol Taslim Chairuddin Dirlantas Polda Jatim mengatakan, setidaknya ada empat titik jalur mudik yang perlu mendapat perhatian dan pengaturan ekstra dari petugas kepolisian.

“Yaitu di pertigaan Mengkreng, Kertosono, lalu Exit Tol Sidoarjo, Exit Tol Singosari, dan pertigaan Pendem (perbatasan Malang-Batu),” ucap Taslim waktu ditemui di Bundaran Waru, Jumat (24/2/2023).

Taslim melanjutkan, jalur yang paling menjadi sorotan dalam momen mudik nanti adalah simpang tiga Mengkreng, Kertosono. Sebab kondisi jalur itu merupakan titik pertemuan tiga arus kendaraan menuju Jombang, Kediri dan Nganjuk.

Tak hanya itu, di lokasi tersebut juga terdapat perlintasan rel kereta api dan sentra jajanan di pinggiran jalan sebelum pertigaan yang turut mempengaruhi laju kendaraan.

Kata Taslim, kalau pemudik banyak yang berbelanja dan parkir sembarangan bisa menyebabkan lalu lintas ikut terhambat.

“Tidak ada upaya lain yang bisa kita lakukan seperti kereta api itu tidak mungkin kita cegah karena itu juga bagian dari transportasi. Kemudian jembatan setelah pertigaan ikut mempengaruhi laju kendaraan, karena akses yang terbatas,” imbuhnya.

Oleh sebab itu salah satu upaya untuk melakukan pengaturan lalu lintas di sana adalah menerjunkan personel polisi di titik strategis di pertigaan Mengkreng.

“Saya mengimbau, apabila ada personel melakukan pengaturan lalu lintas atau pengalihan arus dan sebagainya, mohon didukung oleh masyarakat. Tidak perlu memaksakan, takutnya nanti sibuk berdebat bisa stuck semua. Oleh sebab itu tolong kerja sama yang baik,” ucapnya.

Sementara itu, upaya pengaturan lalin di jalur Tol apabila terjadi kemacetan sepanjang satu kilometer maka gerbang pembayaran akan dibuka untuk mengurai kepadatan volume kendaraan seperti mudik lebaran 2022 kemarin.

“Sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, kalau kemacetan sudah mencapai satu kilo, mau tidak mau kita buka untuk mengurangi volume kendaraan. Kemudian saran dari Korlantas, kalau memang terjadi penumpukan dilakukan pengalihan arus melalui Exit pintu Tol sebelumnya,” pungkasnya.(wld/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version