Selasa, 30 April 2024

Indonesia Dukung Resolusi PBB yang Mendorong Perdamaian di Ukraina

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Asap terlihat selama serangan Rusia di Ukraina, di garis depan Kota Bakhmut di wilayah Donetsk, Ukraina, 9 Februari 2023. Foto: Antara/Reuters

Indonesia menyatakan dukungannya dalam Resolusi PBB untuk mendorong terciptanya perdamaian di Ukraina yang tengah berkonflik dengan negara adidaya Rusia.

Setahun setelah agresi Rusia ke Ukraina, pertemuan lanjutan Emergency Special Session (ESS) ke-11 Majelis Umum PBB kembali dilaksanakan di New York pada 23 Februari 2023.

Pertemuan tersebut mengadopsi Resolusi Majelis Umum PBB berjudul “UN Charter principles underlying a comprehensive, just and lasting peace in Ukraine“.

Resolusi didukung mayoritas negara anggota PBB sebanyak 141 negara, termasuk Indonesia.

“Dukungan Indonesia diberikan karena pokok dan semangat resolusi yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan hukum internasional, termasuk resolusi konflik secara damai, penghormatan terhadap HAM dan penegakan hukum,” ujar Kementerian Luar Negeri RI, seperti dikutip dari laman resmi Kemlu, Sabtu (25/2/2023).

Langkah Indonesia merupakan bagian dari upaya untuk terus mendorong agar kedua pihak yang berkonflik kembali ke meja perundingan

Hal ini mengingat, tanggung jawab mengakhiri perang terletak pada kedua pihak berkonflik.

Indonesia juga akan terus mendorong Komunitas internasional untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi terlaksananya perdamaian di Ukraina.

Bagi Indonesia pendekatan zero-sum game dalam perang Ukraina tidak akan menyelesaikan masalah.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version