Sabtu, 24 Februari 2024

KPU Buka Peluang Konten Kreator Jadi Moderator Debat Pemilu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum RI. Foto: ICW

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka peluang konten kreator menjadi moderator debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Iya, ada kemungkinan. Tetapi intinya kan karena ini yang akan menyiarkan adalah televisi, (moderator) yang kira-kira friendly dan familiar dengan kamera,” kata Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI dilansir dari Antara pada Kamis (7/12/2023) dini hari.

Selain itu, Hasyim menjelaskan bahwa salah satu kriteria moderator adalah yang menguasai tema debat yang telah ditentukan. Sehingga dapat menggali pemahaman capres/cawapres.

“Tentu saja itu jadi bahan pertimbangan, dan durasinya ketika moderator bertanya atau memperdalam itu tidak mengurangi porsi masing-masing capres maupun cawapres ketika menjawab,” ujarnya.

Di satu sisi, Hasyim mengatakan bahwa tiap debat akan diisi oleh dua moderator. Sementara itu, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan usulan nama moderator, tetapi masih menunggu usulan nama lainnya dari tiap pasangan calon (paslon) capres-cawapres.

“Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini setelah kita matangkan, kami juga minta usulan dari tim pasangan 1, 2, dan 3, sama dengan usulan panelis tadi maksimal disampaikan kepada KPU besok hari Jumat tanggal 8 Desember 2023,” katanya.

Hasyim mengatakan bahwa usulan nama moderator dari KPU terdapat pada August Mellaz anggota KPU RI. Namun ketika ditemui di Kantor KPU RI, Rabu, August enggan memberitahukan usulan nama moderator itu. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Kurs
Exit mobile version