Minggu, 26 Mei 2024

PLN Ikut Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Salah satu petugas PLN melakukan pemeliharaan listrik. Foto: PLN Salah satu petugas PLN melakukan pemeliharaan listrik. Foto: PLN

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur ikuti apel gelar pasukan dan peralatan antisipasi bencana hidrometrologi di wilayah Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur di lapangan upacara Polda Jawa Timur, Selasa (21/11/2023).

Apel siaga ini diikuti semua lintas sektor di Jatim dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan personel yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Petugas Pemadam Kebakaran, BPBD, Dinas Perhubungan dan PLN.

Irjen Pol Drs Imam Sugianto Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur menyatakan, apel siaga digelar dalam rangka antisipasi dan kesiapan penanggulangan bencana hidrometeorologi di wilayah Provinsi Jawa Timur.

“Saya menghimbau kepada semua elemen masyarakat dan para stakeholder yang terlibat untuk melakukan sinergi dan mitigasi terhadap potensi bencana yang ada di wilayahnya guna mengeliminasi dampak dan korban dari bencana yang ada,” terang Imam.

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur ikuti apel gelar pasukan dan peralatan antisipasi bencana hidrometrologi di wilayah Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur di lapangan upacara Polda Jawa Timur, Selasa (21/11/2023). Foto: PT PLN

Agus Kuswardoyo General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur menyatakan, tak hanya saat memasuki musim hujan, PLN terus menggiatkan upaya dan pemeliharaan jaga keandalan pasokan listrik sebagai salah satu bentuk mitigasi mengurangi dampak gangguan pasokan listrik akibat cuaca buruk.

“Upaya ekstra yang kami lakukan seperti penggiatan rabas pohon produktif agar saat hujan tidak rentan dan mengenai jaringan listrik PLN. Kami juga menyelenggarakan pemeliharaan tanpa padam oleh personel PDKB yang telah dilakukan di 14 lokasi,” terang Agus.

Tercatat hingga November 2023, PLN telah menggelar kegiatan borderless pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) pada 14 lokasi tersebar di wilayah Jawa Timur.

“Melalui apel kolaborasi ini, PLN siap untuk bersinergi turut mewujudkan keamanan dan keselamatan masyarakat menghadapi perubahan cuaca ini, khususnya keselamatan ketenagalistrikan,” imbuh Agus.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa 128 unit PLN yang tersebar di Jawa Timur siap untuk membantu kebutuhan masyarakat, Agus juga mengajak masyarakat turut berperan serta melaporkan potensi bahaya kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center PLN 123.(mel/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Kurs
Exit mobile version