Jumat, 19 April 2024

Ribuan Belalang Musiman Serbu Masjid Nabawi, Pengelola Intensifkan Pembersihan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kawanan belalang memenuhi tempat wudhu Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi pada Selasa (30/5/2023). Foto: Bintang Suara Surabaya

Kawanan belalang memenuhi Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi. Bintang Rahmadani, penyiar Suara Surabaya yang berada di lokasi mengatakan dia melihat serbuan serangga tersebut sejak Kamis (25/5/2023).

“Selama saya di Madinah, hanya terlihat di Masjid Nabawi saja, terutama di tempat wudhu,” kata Bintang pada Selasa (30/5/2023).

Otoritas pengelola Masjid Nabawi melalui situsnya menyebutkan bahwa kedatangan belalang dan serangga lainnya ini merupakan peristiwa musiman.

“Badan Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjid Nabawi mengintensifkan kerja lapangan untuk membersihkan Masjid Nabawi, pelataran, dan fasilitasnya, sehubungan dengan gelombang musiman belalang dan serangga,” tulis mereka pada Rabu (17/5/2023).

Kawanan belalang memenuhi tempat wudhu Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi pada Selasa (30/5/2023). Foto: Bintang Suara Surabaya

Sebanyak 1.000 petugas pembersih dan 600 alat penyedot debu elektronik dan manual dikerahkan untuk membersihkan ribuan belalang. Langkah dilakukan untuk mengurangi metode penyemprotan serangga, demi keselamatan dan kenyamanan jemaah dan pengunjung Masjid Nabawi.

Cara lain yang dilakukan oleh pengelola adalah mengurangi pencahayaan di lingkungan Masjid Nabawi pada malam hari agar belalang tidak memenuhi halaman.

Terakhir, cara yang dilakukan adalah dengan membuka payung masjid setiap saat, termasuk pada malam hari.

Laporan berbagai media menyebutkan belalang dan serangga biasanya juga menyerbu di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi. (berbagai/iss)

Petugas membersihkan area Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi menggunakan alat saat jemaah mulai memenuhi area masjid pada Minggu (28/5/2023). Foto: Bintang Suara Surabaya

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version