Jumat, 19 April 2024

Sambut Ramadan, Masjid Cheng Hoo Surabaya Gencarkan Kegiatan Keagamaan dan Sosial

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Warga saat berada di Masjid Cheng Hoo Surabaya untuk buka bersama, jamaah salat magrib, isyak, dan tarawih, pada Minggu (26/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadan 1444 H, Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya mengadakan berbagai rangkaian kegiatan keagamaan dan sosial.

Ustadz Hasan Basri atau Lim Fuk San Ketua Harian Masjid Cheng Hoo Surabaya menyatakan, kegiatan tersebut dilakukan secara konsisten dari tahun-tahun sebelumnya.

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh yayasan masjid Muhammad Cheng Hoo pada ramadan tahun ini, kata dia, yakni menyalurkan santunan kepada masyarakat pra sejahtera atau kurang mampu dan juga kepada kaum dhuafa.

“Untuk puasa tahun ini, ada kurang lebih hampir 15 ribu santunan, berupa sembako sama uang,” ucapnya kepada suarasurabaya.net saat berada di Masjid Cheng Hoo Surabaya, pada Minggu (26/3/2023).

Ia mengatakan, seluruh santunan yang disalurkan malalui Masjid Cheng Hoo itu merupakan bagian dari kerjasama yayasan dengan beberapa stakeholder untuk menyambut bulan suci ramadan.

“Kegiatan ramadan tahun ini cukup padat, kita lakukan bersama teman-teman dan tim. Dari awal sebelum ramadan kita juga sudah berikan santunan untuk masyarakat kurang mampu atau pra sejahtera. Alhamdulillah berjalan lancar, khidmat, semua masyarakat Kecamatan Genteng dan beberapa Kelurahan yang ada di Kota Surabaya merasakan senang,” jelasnya.

Kemudian, masjid yang terletak di Jalan Gading Ketabang Genteng Surabaya itu, juga mengadakan buka bersama selama bulan ramadan penuh.

“Menjelang mudik nanti, kita juga ada potong rambut gratis, dengan pemotong ternama di Surabaya, yang biasa sekali potong itu estimasi biaya kurang lebih Rp250 hingga Rp 500 ribu, mereka mau memotong rambut di masjid Cheng Hooo dengan gratis,” ungkapnya.

Suasana pembagian takjil di Masjid Cheng Hoo Surabaya, Minggu (26/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan shalat tarawih di masjid Cheng Hoo juga dijalankan seperti biasa dengan total rakaat 20 dan tiga witir, serta setiap hari minggu selepas subuh diadakan pengajian.

“Aktivitas kita tidak jauh beda dari masjid lain, tidak jauh beda dengan dengan tahun sebelumnya, ada buka, tarawih, malam ganjil, ada tirakat bersama jamaah. Kegiatan kita hampir sama, yang berbeda, yang memberikan sebagaian adalah teman-teman non muslim, kita melihat bukan dari agamanya tapi dari sosialnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menambahkan, bahwa Yayasan Masjid Cheng Hoo di bulan puasa ramadan ini juga sedang melakukan pengembangan di sektor pendidikan.

“Sekarang kita juga sedang membangun, merenovasi gedung SD Islam Cheng Hoo, yang mana sangat membutuhkan biaya dan Alhamdulillah didukung oleh teman-teman, seperti teman-teman dari Tionghoa, muslim dan non muslim, saya berterimakasih juga,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version