Sabtu, 13 Juli 2024

Sidak Mamin di Sejumlah Swalayan, Bupati Sidoarjo Pastikan Semua Aman Dikonsumsi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat sidak makanan minuman di sejumlah swalayan. Foto: Instagram Pemkab Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo ingin memastikan produk makanan-minuman (mamin) yang dikonsumsi masyarakat saat Lebaran nanti benar-benar aman.

Hari ini, Selasa (4/4/2023), Tim gabungan dari Dinas Kesehatan Sidoarjo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo, Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo serta Dinas Perikanan Sidoarjo dan Satpol PP Sidoarjo melakukan inspeksi mendadak di tiga swalayan bersama Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo.

Dalam sidaknya, bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor tidak menemukan makanan maupun minuman yang bermasalah. Baik itu pada masa kedaluarsa mau pun izin beredarnya. Semuanya dipastikan aman untuk dikonsumsi.

“Dari beberapa tempat, kami lihat izin edarnya ada, expired-nya oke, tinggal yang perlu mendapatkan atensi adalah makanan yang diletakkan di kaleng. Tadi saya titip-titip ke kepala toko agar mengembalikan ke produsen kalau ada makanan kemasan kaleng yang rusak,” ujarnya seperti dilansir akun Pemkab Sidoarjo.

Pada kesempatan itu, Gus Muhdlor bukan cuma mengecek mamin lokal saja. Dia juga memantau peredaran mamin impor. Dari pantauannya, tidak ditemukan makanan asal luar negeri yang melanggar izin edar.

Karena tidak menemukan masalah di lapangan, dia memberikan apresiasi kepada pusat perbelanjaan yang taat aturan. Menurutnya, itu akan membantu pemerintah menjaga rasa aman masyarakat dalam mengonsumsi makanan yang beredar.

“Saya harapkan ini menjadi komitmen bersama untuk menyediakan makanan mau pun minuman yang higienis, tidak membahayakan bagi kesehatan masyarakat Sidoarjo,” tandasnya.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version