Rabu, 24 April 2024

Wisata Offroad Tahura Pakal Ditargetkan Selesai Sebelum Piala Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, Surabaya. Foto: surabaya.go.id

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menargetkan pembangunan wahana wisata offroad di Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, bisa selesai sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai.

Gelaran tersebut, menjadikan Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada 20 Mei – 11 Juni 2023.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan, wahana tersebut diharapkan jadi alternatif wisata untuk turis yang datang menonton Piala Dunia di Kota Pahlawan, selain sejumlah destinasi lainnya.

“Semoga nututi bisa dibuka sebelum Piala Dunia U-20. Lokasinya di Taman Hutan Raya Pakal. Ada wahana mobil offroad,” kata Eri Cahyadi, Minggu (29/1/2023) dikutip surabaya.go.id.

Wali Kota menjelaskan, pembangunan wisata offroad di Tahura Pakal itu melibatkan pihak ketiga atau investor. Sementara Pemkot Surabaya, mendukung keberadaan destinasi wisata tersebut dengan penyediaan akses jalan.

“Ini sudah mulai berjalan, yang dilakukan pemerintah adalah membebaskan jalan menuju ke Taman Hutan Raya Pakal. Jadi kita kerjasama,” ungkapnya.

Selain mobil offroad, Eri mengungkapkan kalau sejumlah wahana menarik lain juga bakal tersedia di Tahura Pakal. Seperti di antaranya, camping ground, flying fox hingga tempat untuk outbound.

“Ada pula danau dan bukit buatan juga. Jadi konsep alam yang ada di Taman Hutan Raya Pakal,” terangnya.

Menurutnya, Kota Surabaya punya banyak tempat yang potensinya luar biasa untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Meski demikian, kata Eri, tempat-tempat tersebut selama ini belum tersentuh sepenuhnya oleh Pemkot.

“Makanya potensi-potensi itulah yang akan saya sentuh. Yang salah satunya tempat itu adalah untuk menggerakan warga miskin, mengurangi kemiskinan, seperti di Romokalisari Adventure Land,” tuturnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menambahkan, bahwa ada dua lahan yang dibebaskan pemkot untuk akses jalan menuju Tahura Pakal. Titik lokasi lahan itu berada di dekat kawasan Stadion Gelora Bung Tomo.

“Kalau selama ini kan lewat rel sepur (kereta api), nanti mulai dari GBT, sebrangnya langsung lurus menuju Tahura Pakal,” pungkasnya. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version