Sabtu, 24 Februari 2024

Wisatawan Kapal Pesiar di Pelindo Regional 3 Capai 98.742 Orang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kedatangan wisatawan asing melalui kapal pesiar di pelabuhan wilayah Pelindo Regional 3. Foto: Humas Pelindo Regional 3

Pelindo Regional 3 mencatat kedatangan 98 ribu wisawatan asing melalui kapal pesiar pada semester 1 2023. Jumlah ini menunjukkan potensi besar industri pariwisata di Indonesia.

Ardhy Wahyu Basuki Regional Head 3 Pelindo menjelaskan, selama semester 1 2023, tepatnya Januari hingga Juli, ada 75 kunjungan kapal pesiar di 12 pelabuhan yang ada di wilayah kerjanya.

Kunjungan itu mencatatkan arus penumpang sebanyak 98.742 orang. Sebagian besar merupakan wisatawan asing yang akan berlibur ke Indonesia.

“Hingga semester sampai Juli ini data arus penumpang kami khususnya melalui kapal pesiar atau cruise cukup baik. Penyebabnya banyak salah satunya adalah pelonggaran aturan kunjungan wisatawan asing dilakukan oleh pemerintah tahun ini,” kata Ardhy dalam keterangan resminya, Senin (28/8/2023).

Ada pelabuhan dengan kedatangan tertinggi, yakni Benoa di Bali dan Lembar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pelabuhan Benoa mencatat kedatangan 43.202 dan Pelabuhan Lembar 22.890 orang.

Kunjungan kapal pesiar atau cruise diprediksi akan bertumbuh hingga semester II tahun ini. Pelindo mencatat, terdapat 77 kapal pesiar yang berencana akan berkunjung. Jumlah penumpangnya berkisar 52.000 orang. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Kurs
Exit mobile version