Senin, 24 Juni 2024

Afghanistan Sambut Baik Rencana Rusia Hapus Taliban dari Daftar Teroris

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pejuang Taliban saling berpelukan usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Kompleks Masjid Shah-e Doh di Kota Kabul, Afghanistan, Sabtu (9/7/2022). Foto: Antara

Suhail Shaheen kepala kantor politik Taliban pada, Senin (27/5/2024), menyatakan Afghanistan menyambut baik rencana Rusia untuk menghapus kelompok mereka (di bawah sanksi PBB) dari daftar teroris.

Sebelumnya pada hari yang sama Sergey Lavrov Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan kelompok Taliban adalah otoritas sebenarnya di Afghanistan, dan rencana untuk menghapus mereka dari daftar organisasi yang dilarang di Rusia mencerminkan kenyataan.

Kemudian Zamir Kabulov, utusan khusus Presiden Rusia untuk Afghanistan, mengatakan status teroris Taliban di Rusia menghambat perkembangan hubungan antara Moskow dan Kabul.

“Kami menyambut baik usulan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kehakiman Rusia kepada Kremlin terkait penghapusan status organisasi teroris dari IEA,” kata Shaheen.

Dia menambahkan bahwa Taliban mengapresiasi pernyataan Lavrov yang juga mencerminkan bahwa Rusia mengikuti real politik dan memprioritaskan kepentingan negara.

Taliban ingin mengembangkan hubungan yang positif dengan dunia, katanya.

“Kami tidak pernah menjadi teroris, namun kami berjuang untuk pembebasan negara kami dari pendudukan asing. Ini adalah hak sah kami… Kami menghendaki hubungan yang positif dengan negara-negara tetangga, kawasan dan dunia. Kami berada di era baru setelah kemerdekaan Afghanistan, yang siap untuk terlibat di berbagai bidang,” kata Shaheen. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version