Kamis, 2 Mei 2024

Bandara Sam Ratulangi Sulut Ditutup Sementara Pascaerupsi Gunung Ruang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado, Provinsi Sulawesi Utara Situasi Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado, Provinsi Sulawesi Utara pascaerupsi Gunung Ruang. Foto: Dok. Kemenhub

Bandar Udara Sam Ratulangi di Manado, Provinsi Sulawesi Utara, mulai Kamis (18/4/2024) malam, ditutup sementara menyusul erupsi Gunung Berapi Ruang yang memaksa ratusan orang mengungsi.

“Penutupan ini berdampak pada 33 penerbangan dan 3.182 penumpang,” kata Riza Fahmi Direktur Operasi AirNav dilansir Antara, Jumat (19/4/2024).

Dia menyebut, pihak berwenang akan terus memantau kondisi terkini untuk memastikan penerbangan yang aman.

Sementara, pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan tingkat bahaya Gunung Ruang meningkat ke kategori tertinggi sejak, Rabu (17/4/2024) malam, karena aktivitas vulkanik yang terus meningkat.

Dengan suara gemuruh dan getaran, gunung berapi tersebut kembali mengalami erupsi pada Rabu pukul 21.15 waktu setempat, disertai dengan kepulan abu berwarna abu-abu setinggi 3.000 meter di atas puncaknya.

Selain itu, ketika hujan abu yang bercampur dengan batu dan kerikil mencapai rumah warga, lebih dari 800 penduduk setempat terpaksa mengungsi.

Pihak berwenang juga mengerahkan sejumlah perahu serta kapal untuk mengevakuasi penduduk di pulau gunung tersebut.

Sementara, status tanggap darurat sudah ditetapkan setidaknya sampai 29 April 2024.

Lebih lanjut, PVMBG memperingatkan masyarakat menggunakan masker, tidak beraktivitas dalam radius 6 km dari kawah gunung, dan mewaspadai potensi gelombang tsunami karena adanya risiko guguran dari gunung berapi itu jatuh ke laut. (ant/sya/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version