Selasa, 30 April 2024

Dishub: Luxury Trans Jatim akan Diresmikan Agustus 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Armada Bus Trans Jatim di Koridor I rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik berjejer di Terminal Porong, Sidoarjo. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur (Jatim) akan menambah bus Trans Jatim tipe luxury pada koridor I yaitu Gresik – Sidoarjo.

Penambahan bus jenis bus tipe luxury itu dikarenakan penumpang di koridor Gresik-Sidoarjo load factor di atas 130 persen.

Nyono Kepala Dishub Jatim menyebut, Luxury Trans Jatim menggunakan bus ukuran 3/4 hingga bus besar dengan fasilitas seperti bus patas.

Rencananya, Lanjut Nyono, Luxury Trans Jatim akan dikenakan tarif komersial sebesar Rp20 ribu.

“Tempat duduknya nyaman, penumpang tidak ada yang berdiri dan ada pramugarinya,” ujar Nyono dalam laman Dinas Kominfo Jatim.

Kata Nyono, subsidi yang ada pada koridor I akan ditarik dan dipindahkan ke koridor lain untuk peningkatan.

Tujuannya agar masyarakat Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan) mendapatkan layanan Trans Jatim secara merata.

Nyono menjelaskan, Luxury Trans Jatim akan dioperasikan pada jam-jam sibuk. Sebab, menurut Nyono, tujuannya menjaring masyarakat kalangan menengah ke atas.

Rencananya, Luxury Trans Jatim ini akan diresmikan oleh Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim pada Agustus mendatang.

Menurut Nyono, Luxury Trans Jatim juga akan berlaku bagi koridor lain jika load factor sudah mencapai di atas 100 persen. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version