Senin, 22 Juli 2024

DWP OIKN Bersama TP PKK Teken MoU dengan IDN-Global, Sepakati Kerja Sama di Berbagai Bidang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ibu Kota Nusantara (IKN) Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara. Foto: Kementerian PUPR

Dharma Wanita Persatuan Otorita Ibu Kota Nusantara (DWP OIKN) dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) OIKN resmi menandatangani nota kesepahaman dengan Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global) pada Rabu (15/05/2024).

Penandatanganan MoU ini dilakukan secara daring yang bertujuan untuk saling memberikan manfaat dalam penyelenggaraan program kegiatan yang meliputi beberapa sektor. Di antaranya, ekonomi, pendidikan dan sosial budaya serta serta turut mendukung program dan pembangunan Indonesia di wilayah OIKN.

Penandatanganan dihadiri oleh pihak-pihak yang terlibat, antara lain tim penggerak DWP OIKN dan PKK OIKN, serta tim dari IDN Global yang menjadi wakil diaspora dari Australia, Mexico, Qatar, Taiwan, Los Angeles, Amerika Serikat, Kanada, Singapura, Turki, serta diaspora Jawa dari tim sekretariat di Jakarta dan Solo.

Lusie Susantono Kepala Tim Penggerak PKK OIKN dalam sambutannya menjelaskan, tujuan dari dibentuknya DWP adalah untuk mensejahterakan anggota dan keluarganya serta melaksanakan sejumlah program-program internal.

“Kalau dari DWP, lebih kepada untuk mendukung kesejahteraan anggota dan keluarganya seperti memberikan program penyuluhan kesehatan. Apapun kegiatannya, semua untuk kesejahteraan internal keluarga ASN. Sedangkan TP PKK lebih menargetkan kepada masyarakat di lingkungan IKN. Itulah mengapa kami membuat dua MoU ini,” ujar Lusie, dalam pernyataan resminya, Kamis (16/5/2024).

“Kita bantu Otorita IKN untuk program-program seperti pengentasan stunting, program pendidikan (memberikan pelatihan bahasa inggris), program bangun desa, program transformasi pendidikan dan lain-lain,” tambahnya.

Sebagai informasi, Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global) merupakan suatu organisasi non-politis, nirlaba, independen, dan berskala global yang bertujuan untuk memfasilitasi persahabatan dan kerjasama antar komunitas Diaspora Indonesia di lima benua.

Tiga substansi utama dari aktivitas IDN-Global yakni kesadaran, keterlibatan, dan pemberdayaan Diaspora Indonesia. Diaspora Indonesia menjadi modal manusia dan modal sosial bangsa yang potensinya kini diakui oleh banyak pihak.

IDN-Global akan selalu berupaya untuk menyuarakan aspirasi anggotanya dan memfasilitasi semua usaha mereka untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia. (azw/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version