Rabu, 19 Juni 2024

Gempa Bumi Kembali Guncang Bawean pada Kamis Pagi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi jalan yang retak akibat terdampak gempa bumi. Foto: Reuters

Gempa bumi dengan magnitudo 4,2 kembali mengguncang Bawean, Gresik, Jawa Timur pada Kamis (30/5/2024) pagi sekira pukul 08.44 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi terletak di laut pada jarak 138 km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur (Jatim) dengan kedalaman 6 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” terang Setyoajie Prayoedhie Kepala Stasiun Geofisika Sleman.
Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bawean II – III MMI laiknya truk yang melintas. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu.

“Hingga hari Kamis, 30 Mei 2024 pukul 09.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan, gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Bawean M6,0 yang terjadi pada Jumat, 22 Maret 2024 pukul 11.22 WIB dan telah tercatat adanya 701 kali gempa bumi susulan atau aftershock,” jabar Setyoajie Prayoedhie.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Juga agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (saf/ipg)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version