Selasa, 30 April 2024

Infaq Jemaah Salat Idulfitri di Masjid Al-Akbar Surabaya Meningkat Signifikan, Lebih dari Rp160 Juta

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana di dalam masjid nasional Al Akbar Surabaya sesaat sebelum salat Idulfitri 1445 Hijriah dimulai, Rabu (10/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mencatat, total infaq yang terkumpul dalam salat Idulfitri pada Rabu (10/4/2024) mencapai Rp160.931.700.

Helmy M. Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya mengatakan, jumlah itu mengalami kenaikan yang tinggi jika dibandingkan dengan total infaq jemaah yang terkumpul dalam salat Idulfitri tahun lalu.

“Tahun dulu pada saat salat id itu kisaran Rp110an juta atau Rp120an juta. Sekarang sudah tembus Rp160an juta, jadi jauh meningkat dibandingkan tahun lalu,” katanya saat dihubungi suarasurabaya.net pada Rabu (10/4/2024).

Helmy mengatakan, kenaikan jumlah infaq di Masjid Al-Akbar itu seiring dengan banyaknya jumlah jemaah yang mencapai sekitar 40 ribu.

Jumlah yang banyak itu, lanjut dia, menjadikan tempat salat Idulfitri bukan hanya dilaksanakan di dalam ruangan Masjid Al-Akbar saja, tetapi juga di bagian luarnya.

“Kenapa jemaaahnya banyak? Ya karena pelaksanaan Lebaran juga sama. Mungkin itu juga faktornya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga merinci jumlah zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah berupa beras ada sebanyak 1.054 Kg. Kemudian, zakat fitrah berupa uang ada Rp74.303.560. Sedangkan untuk zakat mal, terkumpul Rp361.524.241 rupiah.

“Pengumpulan zakat fitrah dan zakat mal, juga ada peningkatan dibanding tahun kemarin,” tuturnya.

Untuk zakat fitrah, seluruhnya sudah didistribusikan kepada yang berhak menerima pada Selasa (9/4/2024) malam.

“Sedangkan untuk zakat mal, itu kan setahun, untuk fisabilillah, program keagamaan, misal maualaf dan lainnya,” katanya. (ris/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version