Minggu, 21 Juli 2024

Jemaah Haji Indonesia Diimbau Laksanakan Tawaf Wada Sehari Sebelum Pulang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jemaah haji tengah melakukan tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Foto: Getty Images

Fase kepulangan jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi menuju Tanah Air telah dimulai sejak 22 Juni 2024 lalu.

Khalilurrahman Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah mengimbau Jemaah Haji Indonesia untuk mematuhi jadwal kepulangannya.

“Kami mengimbau Jemaah Haji Indonesia untuk mematuhi jadwal kepulangannya. Jangan ada yang beribadah di Masjidil Haram mendekati jadwal kepulangan, karena bisa mengganggu waktu pergerakan,” imbaunya dalam laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Minggu (23/6/2024).

Kalau sudah mengetahui jadwal keberangkatan dari Makkah menuju Jeddah atau Madinah, Khalil menyarankan jemaah melaksanakan tawaf wada sehari sebelumnya.

“Jemaah harus sudah siap di pemondokan dua jam sebelum bus penjemputan tiba,” pesannya.

Khalilurrahman melanjutkan, sebelumnya ada jemaah yang masih melakukan tawaf wada jelang keberangkatan. Sehingga, rombongannya harus menunggu dia kembali ke hotel, dan bus yang harusnya sudah berangkat jadi terlambat.

Selain itu, jemaah juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti paspor hingga visa. Bila ada dokumen yang hilang bisa melapor ke petugas kloter.

“Konsultasi ke petugas kloter termasuk soal kesehatan atau dokumen supaya bisa dilaporkan oleh kloter ke sektor dan ke daker. Dokumen juga disiapkan dan menepati jadwal yang sudah disiapkan oleh panitia,” tandas Khalilurrahman.(saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version