Kamis, 25 Juli 2024

Kapolri dan Menhub Cek Kesiapan Terminal Purabaya untuk Sambut Arus Mudik Lebaran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri bersama Budi Karya Menhub waktu jumpa pers usai meninjau arus mudik di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (4/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri memberikan perhatian serius terhadap operasional Terminal Purabaya atau Bungurasih, Sidoarjo untuk menyambut arus mudik idulfitri 1445 Hijriah.

Dalam pengecekan yang berlangsung, Kamis (4/4/2024) pukul 16.30 WIB, Kapolri bersama dengan Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI, dan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub).

(Dari kiri ke kanan) Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI, Jenderal Listyo Sigit Kapolri, dan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) meninjau arus mudik di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (4/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dalam pengecekan tersebut Listyo memastikan bahwa semua sektor penunjuang operasional terminal untuk menyambut mudik lebaran 2024 sudah siap mulai hari ini. Yakni, meliputi pos terpadu dan pos pelayanan.

“Baru saja kita melaksanakan pengecekan secara langsung terkait dengan kesiapan dari fasilitas yang ada di pos terpadu dan pos pelayanan yang ada di Terminal Purabaya,” ujar Kapolri.

Kapolri menyatakan, semua sektor penunjuang operasional di Terminal Purabaya dalam menyambut mudik lebaran 2024 sudah siap beroperasi mulai hari ini.

Berbagai persiapan yang sudah dilakukan adalah pemeriksaan tes urine bagi sopir, pelayanan kesehatan untuk penumpang maupun pengemudi, serta pos polisi yang siap melayani bila terdapat gangguan kriminalitas.

“Tadi kami pesan tolong betul-betul dilakukan pengecekan terhadap para pengemudi, untuk memastikan pada saat membawa penumpang, pengemudi dalam keadaan sehat, dalam keadaan prima dan tidak ada masalah-masalah,” katanya.

Selain itu Kapolri menginstruksikan semua petugas di pos pelayanan supaya bersiaga selama Operasi Ketupat Semeru 2024 berlangsung untuk mencegah tindakan kriminalitas di kawasan terminal.

Sigit mengatakan, intensitas kepadatan lalu lintas dan sejumlah terminal diprediksi akan mulai padat menjelang H-3 Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

“Saya kira karena ini sangat padat, dan mendekati hari H-3 terus akan meningkat, tentunya kita minta untuk seluruh petugas yang ditugaskan untuk terus memberikan pelayanan terbaik,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Budi Karya SumadiMenhub mengatakan, Terminal Purabaya merupakan terminal yang terbesar dan tersibuk di Jatim.

Oleh sebab itu peninjauan Polri dan TNI jadi sangat penting untuk memastikan keamanan selama periode mudik.

“Terminal ini adalah yang terbesar dan tersibuk, kehadiran TNI-Polri sangat penting, berkaitan dengan keamanan,” kata Budi.

Menhub minta supaya pihak terminal memastikan bus-bus yang melayani pemudik ini sudah dilakukan ramp check.

“Yaitu saya menitipkan pada rekan-rekan yang bertugas ini melakukan ramp check, pada bus-bus yang akan berangkat,” jelasnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version