Rabu, 19 Juni 2024

Kilang Pertamina di Balikpapan Kebakaran, Pasokan BBM Dipastikan Tak Terganggu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Api waktu tampak masih berkobar di kawasan KPI unit Balikpapan, Sabtu (25/5/2024). Foto: Antara

Kilang Pertamina Indonesia (KPI) unit Balikpapan, di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur kebakaran pada, Sabtu  (25/5/2024) pagi, sekitar pukul 04.25 WIB.

Sebanyak delapan unit armada pemadam kebakaran dikerahkan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) unit Balikpapan untuk memadamkan api yang membakar Crude Distillation Unit (CDU) VI tersebut.

“Awal kejadian itu sekira pukul 04.25 Wita. Tim pemadam sigap mengatasi kejadian sesuai prosedur penanggulangan keadaan darurat (PPKD) yang berlaku di Perusahaan,” kata Bayu Arafat General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan seperti dilansir Antara.

Pemadam statis (fire ground) yang ada dilokasi kejadian, lanjut Bayu, turut diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisir sumber panas.

“Alhamdulillah, tim pemadam telah berhasil menguasai kondisi dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan,” ungkap Bayu.

Bayu mengemukakan, lokasi kejadian masih berada di area kilang sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat.

“Tapi, kami juga terus memastikan bahwa kejadian itu tidak memberikan dampak pada masyarakat sekitar kilang,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemukiman masyarakat yang masuk wilayah ring 1 dari KPI Balikpapan tersebut yakni Kampung Atas Air Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah.

“KSB membantu memantau kondisi warga di ring 1 perusahaan agar tetap tenang,” tuturnya.

Selain itu, PT KPI juga sudah melakukan penghentian darurat operasi di Kilang Balikpapan 2. Sedangkan Kilang Balikpapan 1 masih beroperasi normal.

“Kami terus memastikan kilang dalam kondisi aman. Kejadian kebakaran itu juga tidak menyebabkan gangguan pada penyediaan BBM di masyarakat,” ungkap Bayu. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version