Minggu, 21 Juli 2024

Mahasiswa Thailand Belajar Kesenian Batak di Indofest 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ratusan mahasiswa Thailand belajar memainkan Gondang Batak dan Tari Tor Tor dalam Indonesian Festival (Indofest) ketujuh. Foto: KBRI Bangkok

Lebih dari 120 orang mahasiswa Thailand belajar memainkan Gondang Batak dan Tari Tor Tor dalam program Indonesian Festival (Indofest) ketujuh.

Dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net dijelaskan, gelaran itu berlangsung di Universitas Khon Kaen, Thailand, Jumat (21/6/2024).

Untuk menyukseskan kegiatan itu, KBRI Bangkok mendatangkan Gondang Orchestra dari Indonesia untuk mengajarkan budaya dan kesenian Batak tersebut.

Kegiatan dibagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama, mahasiswa diberikan penjelasan singkat mengenai Indonesia secara umum dan budaya Batak secara khusus.

Selanjutnya, mahasiswa dibagi ke dalam dua kelompok sesuai dengan jurusan masing-masing, yaitu Seni Musik dan Seni Tari.

Selama tiga jam, kelompok mahasiswa jurusan Seni Musik diajarkan memainkan gondang, sedangkan kelompok mahasiswa jurusan Seni Tari diajarkan Tari Tor Tor.

Kemudian, pada sesi kedua, para mahasiswa dari Universitas Khon Kaen dan beberapa perguruan tinggi lain di sekitar Khon Kaen, diberikan kans untuk menampilkan kesenian yang telah dipelajarinya pada sesi pertama.

Mahasiswa Jurusan Seni Musik memainkan godang sebagai pengiring saat mahasiwa Jurusan Seni Tari menampilkan Tari Tor Tor.

“Kami ingin mahasiswa Thailand memahami bahwa Indonesia memiliki kebudayaan dan kesenian yang beragam. Salah satunya adalah kesenian dari Suku Batak di Sumatra Utara yang telah dipelajari oleh para mahasiwa pagi ini,” Rachmat Budiman Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UN-ESCAP

Kegiatan Indofest diselenggarakan oleh KBRI Bangkok atas kerja sama dengan Universitas Khon Kaen dan Absolutely Thai Kansadeng Wathanatham Co.Ltd pimpinan Pahutsorn Wongranapitak.(saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version