Jumat, 19 Juli 2024

Masjid Al Akbar Siapkan Kuota untuk 40 Ribu Jemaah yang Akan Salat Iduladha

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana di air mancur Masjid Al Akbar Surabaya setelah salat id, Rabu (10/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyiapkan kuota untuk 40.000 jemaah yang akan mengikuti salat Iduladha besok pagi, Senin (16/6/2024), yang dimulai pukul 06.00 WIB.

Helmy M. Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya mengatakan, jumlah itu lebih banyak daripada salat Idulfitri lalu, mengingat jumlah jemaah biasanya lebih banya.

“Kami telah menyiapkan tempat salat di lantai satu, lantai dua, dan halaman masjid. Kuota yang kami siapkan adalah untuk 40.000 jamaah. Biasanya, jemaah Iduladha lebih banyak dibanding Idulfitri,” katanya waktu mengudara di Radio Suara Surabaya, Minggu (16/6/2024).

Untuk kenyamanan jemaah, Helmy mengimbau agar datang lebih awal dan membawa tas untuk menyimpan sepatu atau sandal yang bisa dibawa ke dalam masjid.

“Kami sudah menyediakan area di depan shaf untuk menaruh sandal, sehingga setelah salat, jamaah tidak bingung mencari sandal mereka,” jelasnya.

Selain itu, Masjid Al Akbar juga telah menyiapkan sebanyak 45 pintu masuk dengan sekitar 200 relawan yang bertugas mengarahkan jemaah putra dan putri ke area masing-masing.  Sebanyak 712 keran wudhu juga telah disiapkan, tapi jemaah diimbau wudhu terlebih dulu dirumah untuk kenyamanan.

Untuk menghindari kebingungan setelah selesai salat, Helmy juga menyarankan suami istri atau anggota keluarga menentukan titik temu di pintu tertentu.

“Pengalaman salat Idulfitri kemarin, banyak suami istri yang bingung mencari satu sama lain setelah salat. Jadi, lebih baik mengingat nomor pintu masuk dan janjian bertemu di sana,” jelasnya.

Sementara terkait titik parkir, kata Helmy, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dishub untuk memastikan pengaturan parkir yang tertib. Untuk pemotor, Jemaah bisa memarkir di dalam masjid, tepatnya di parkiran sisi utara dengan kapasitas 1.500 unit.

Sedangkan parkir mobil, bisa menggunakan lahan sisi selatan dengan akses masuk depan Gedung MUI Jatim, yang telah disiapkan untuk kapasitas 100 unit. Khusus untuk sisi barat masjid, disiapkan parkir untuk VIP dengan kapasitas yang sama, yakni 100 unit mobil.

Titik parkir lainnya ada di area lapangan Pasar Rakyat Jambangan (sisi utara masjid), area parkir Gereja Katolik Sakramen Mahakudus, area SMPN 22 Surabaya, halaman Gedung MUI, dan area badan jalan kawasan Masjid Al Akbar yang dikoordinasikan oleh Dishub Kota Surabaya.

“Meski kami sudah menyiapkan rambu pengaturan parkir, kami juga menghimbau jemaah agar tidak parkir menutup jalan di sekitar masjid. Pola parkir yang tidak tertib justru akan menghambat akses jamaah lainnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan kalau hewan kurban dari Joko Widodo Presiden, Adhy Karyono Pj Gubernur Jatim, serta Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, juga sudah tiba di Masjid Al Akbar.

Hingga pukul 12.00 siang, masjid telah menerima sekitar 27 sapi dan 37 kambing sebagai hewan kurban. “Jumlah ini masih bisa bertambah karena biasanya hewan kurban dikirim pada sore atau malam hari menjelang Iduladha,” kata Helmy. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version