Senin, 20 Mei 2024

Menko Marves Segera Bentuk Tim untuk Kereta Cepat Jakarta–Surabaya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Jokowi Presiden meninjau perkembangan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kamis (13/10/2022), diKawasan Infrastruktur PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) segera membentuk tim untuk proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya setelah bertemu dengan Wang Yi Menteri Luar Negeri China.

“Untuk kereta cepat Jakarta-Surabaya, kami sepakat segera tim dibentuk,” ujar Luhut dilansir Antara pada Minggu (21/4/2024).

Sebelumnya, Luhut telah memaparkan bahwa dalam tiga bulan terakhir, rata-rata penumpang kereta cepat mencapai 15.000 penumpang per hari dan terus meningkat. Pada puncak arus mudik Lebaran mencapai 21.422 penumpang, naik 34 persen.

Menurut Luhut, hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa proyek kereta cepat Jakarta–Bandung sudah selayaknya dilanjutkan sampai ke Surabaya.

“Kami semua sepakat agar task force yang dibentuk dapat menindaklanjuti kerja sama strategis ini dalam waktu dekat,” katanya.

Dengan begitu, tutur Luhut melanjutkan, misi antara Indonesia dengan China dalam rangka mendorong pembangunan berbasis komunitas di masa depan dapat tercapai bersama.

Selain mendorong keberlanjutan proyek kereta cepat, Luhut juga mengatakan akan mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung agar bisa langsung mengirim kontainer keluar negeri.

“Kita cari partner, (Pelabuhan) Ningbo salah satu partner kita, yang kita akan mainkan,” kata Luhut.

Pengembangan pelabuhan tersebut ditargetkan oleh Luhut untuk menunjukkan kemandirian Indonesia dalam perdagangan internasional. “Tidak perlu menjadi feeder dari Singapura,” sebutnya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version