Jumat, 19 Juli 2024

Pemerintah Luncurkan Logo dan Tema Resmi HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Logo resmi HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia

Istana Kepresidenan pada Senin (24/6/2024) sore, meluncurkan logo dan tema resmi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan tanggal 17 Agustus mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, desain logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia terlihat sederhana, berupa angka 7 dan 9 berwarna merah. Sedangkan temanya adalah Nusantara Baru Indonesia Maju.

Dalam konferensi pers, di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, tema tesebut dipilih karena menggambarkan transisi kepindahan ibu kota negara dan transisi pemerintahan.

“Kita kumpul di sini untuk meluncurkan logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, di mana telah ditetapkan dan sudah ada keputusan Kementerian Sekretariat Negara. Tema itu dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan negara kita,” ujarnya.

Mengenai logo, Heru Budi menjelaskan ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

Angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas, simbol harapan Indonesia meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia menggerakkan perekonomian.

Kemudian, lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, merupakan simbol prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

“Bentuk dahan dan daun dari angka 9 merupakan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan selalu memperhatikan akar budaya serta identitas,” imbuh Heru Budi.

Selanjutnya, kaki angka 7 dan 9 membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walau memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Dua gelombang dengan arah yang sama di atas angka 7 dan di bawah angka 9 menggambarkan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan.

Sekadar informasi, Logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil desain Inggrid Wenas anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Surabaya, Jawa Timur.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version