Selasa, 28 Mei 2024

Remaja 14 Tahun Dipulangkan ke Papua setelah Ditemukan Pendengar Radio Suara Surabaya pada Malam Natal

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
TR (14) didampingi petugas dari Kementerian Sosial (Kemensos) saat akan bertolak ke Fakfak Papua Barat dari Bandara Juanda Surabaya, Kamis (4/1/2024) subuh. Foto: Dinsos Surabaya

Remaja 14 tahun berinisial TR asal Fakfak, Papua Barat akhirnya dipulangkan ke daerah asalnya oleh Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya pada Kamis (4/1/2024) hari ini.

Sebelumnya, TR ditemukan Ronny Fahmi pendengar Radio Suara Surabaya pada 24 Desember 2023. Kepada Ronny, TR mengaku tiba di Surabaya sejak 19 Desember 2023.

TR mengaku menaiki kapal perintis dari Fakfak ke Sorong. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Makassar dan berlanjut hingga ke Surabaya menggunakan KM Nggapulu.

TR (14) remaja asal Fakfak saat kali pertama ditemukan pendengar Radio Suara Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak pada 24 Desember 2023 lalu. Foto: Istimewa

Setelah berminggu-minggu di Surabaya, TR akhirnya dipulangkan ke Fakfak, Papua Barat pada hari ini. Anna Fajriatin Kepala Dinsos Kota Surabaya mengabarkan bahwa TR telah diterbangkan ke Fakfak pada Kamis subuh.

“Kami sudah komunikasi dengan Dinsos Fakfak. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Sosial. Akhirnya difasilitasi untuk dipulangkan. Kami juga sudah berkomunikasi dengan keluarga,” kata Anna ketika mengudara di Radio Suara Surabaya.

Anna mengungkapkan, selama di Surabaya TR ditempatkan di UPTD Kampung Anak Negeri. Selama di sana ia dinilai aktif bersosialisasi dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

“Nantinya balai di Papua akan memantau dan memberikan pendampingan untuk perkembangan selanjutnya. Bahkan kembali bersekolah,” ujar Anna. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Kurs
Exit mobile version