Kamis, 30 Mei 2024

Terminal Purabaya Layani 30.849 Masyarakat pada Hari Terakhir Puncak Arus Balik Gelombang Kedua

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Terminal Purabaya Bungurasih dua hari menjelang lebaran Idulfitri, Senin (8/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 30.849 masyarakat melangsungkan perjalanan arus balik pada hari kedua gelombang kedua di Terminal Purabaya Bungurasih, pada Minggu (21/4/2024).

Firza Octavinanda tim Informasi Teknologi (IT) dan Humas Terminal Purabaya mengatakan, dalam data produksi yang direkap pada pukul 17.00 WIB itu, total penumpang hari ini mengalami penurunan tipis dari hari pertama gelombang kedua kemarin yang berada di jumlah 31.071 penumpang.

“Jika dibandingkan dengan data kemarin, mengalami penurunan sebesar 3,7 persen,” katanya saat dihubungi suarasurabaya.net pada Minggu (21/4/2024).

Dari jumlah tersebut, masyarakat yang melangsungkan perjalanan arus balik menggunakan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) ada sebanyak 23.070 orang, dengan total 1.083 bus beroperasi.

Sedangkan, untuk masyarakat yang melangsungkan perjalanan arus balik menggunakan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tercatat, total ada 7.779 orang, dengan 642 bus yang digunakan.

Jumlah itu, kata dia, masih sangat mungkin bertambah. Pihak Terminal Purabaya Bungurasih sendiri akan kembali merekap total penumpang hari ini pada pukul 00.00 WIB nanti.

“Kemungkinan, malam ini juga akan terjadi penambahan lagi, karena berhubung hari ini merupakan hari terakhir libur dan akhir pekan,” katanya.

Terminal Purabaya memastikan, seluruh antisipasi jika masih ada lonjakan, sudah disiapkan sejak awal arus mudik Lebaran 2024. Persiapan itu, mulai dari adanya posko keamanan hingga posko pengaduan.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada masyarakat yang melangsungkan perjalanan arus balik, agar menjaga kesehatan dan menjaga barang bawaan.

“Himbauan juga bagi para penumpang, agar selalu hati-hati dan hindari perjalanan di malam hari. Sebaiknya berangkat lebih awal saja, dan jika ada kebingungan, silahkan bertanya pada petugas, kami siap melayani 24 jam,” tandasnya.

Seperti diketahui, hari ini merupakan hari terakhir dalam prediksi puncak arus balik gelombang kedua di Terminal Purabaya, yang berlangsung pada 20-21 April. Sebelumnya pada gelombang pertama, terjadi pada 14-15 April 2024. (ris/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version