Kamis, 30 Mei 2024

Turis Wanita Asal China Meninggal Terjatuh di Kawah Ijen Saat Foto

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Proses evakuasi jenazah turis wanita asal China yang terjatuh saat berswafoto di Kawah Ijen, Sabtu (20/4/2024). Foto: Istimewa

Seorang wanita warga negara asing (WNA) asal China meninggal usai terjatuh ke jurang saat berswafoto di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (20/4/2024). Korban meninggal setelah terjatuh usai berfoto di bibir kawah sedalam 75 meter tersebut.

Dwi Sugiharto Kasi V Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim mengatakan, kejadian tersebut murni kecelakaan karena sebelumnya petugas selalu mengingatkan wisatawan berhati-hati saat mendaki Gunung Ijen.

Adapun jenazah korban saat ini sudah dievakuasi dengan perjuangan ekstra, mengingat korban jatuh tepat di kawah. “Petugas Kawah Ijen membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mengevakuasi korban yang sudah dalam keadaan meninggal dunia,” ungkap Dwi, Sabtu.

Proses evakuasi dilakukan menggunakan tandu yang diangkat dari kawah dengan cara ditarik oleh beberapa orang petugas.

Sementara AKP Junaedi Kapolsek Licin mengatakan, jenazah korban dibawa ke RSUD Blambangan untuk penanganan lebih lanjut. Sang suami dan pemandu wisata turut mendampingi saat jenazah diantar ke rumah sakit.

“Kondisi korban mengalami luka-luka bekas benturan dan tulang kakinya patah,” kata Junaedi.

Petugas rumah sakit dan kepolisian sempat kesulitan berkomunikasi dengan suami korban, sebab, sang suami hanya fasih berbahasa Mandarin. Rencananya jenazah korban akan dibawa ke Bali, sebelum diterbangkan ke negaranya. (bil/iss)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version