Rabu, 1 Mei 2024

Wang Yi Menlu China Temui Jokowi Presiden di Istana

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Wang Yi Menteri Luar Negeri China tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024). Foto: Antara Wang Yi Menteri Luar Negeri China tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (18/4/2024). Foto: Antara

Wang Yi Menteri Luar Negeri China tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (18/4/2024), untuk bertemu dengan Joko Widodo (Jokowi) Presiden.

Melansir Antara, Wang Yi tiba di istana pukul 09.23 WIB dan sempat menyapa para wartawan yang mendokumentasikan kedatangannya.

Hi, nice weather (cuacanya baik ya),” katanya singkat, sambil tersenyum.

Sebelumnya, ia telah melakukan pertemuan bilateral dengan Retno Marsudi Menlu RI di Kementerian Luar Negeri pada Kamis pagi.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menlu antara lain mendiskusikan penguatan kerja sama ekonomi, terutama terkait investasi, hilirisasi industri, transisi energi, ketahanan pangan, dan infrastruktur.

Wang Yi juga dijadwalkan bertemu dengan Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi.

Sebelumnya, Lin Jian Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China menyebut rencana kunjungan Wang Yi Menteri Luar Negeri China ke Indonesia untuk mempererat kerja sama dalam kerangka Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative).

“Melalui kunjungan ini, China berharap dapat menerapkan pemahaman bersama yang dicapai antara Xi Jinping Presiden dan para pemimpin kedua negara, melaksanakan kerja sama Belt and Road yang berkualitas tinggi dan meraih kemajuan yang lebih substantif dalam pembangunan China-Indonesia,” kata Lin Jian di Beijing, China, Selasa (16/4/2024).

Setelah Indonesia, Wang Yi akan mengunjungi Kamboja dan Papua Nugini.

“China, Indonesia, Kamboja, dan Papua Nugini, semuanya terletak di Asia-Pasifik. Kita semua adalah negara berkembang dan merupakan kawan baik serta mitra satu sama lain dengan prinsip saling menghormati, kesetaraan, saling menguntungkan dan pembangunan untuk kepentingan bersama,” ungkap Lin Jian. (ant/azw/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version