Sabtu, 20 April 2024

Pirelii Ungkap Biang Kerok Sejumlah Insiden Ban Pecah di GP Qatar

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Pembalap tim McLaren Lando Norris menjalani sesi latihan Grand Prix Qatar, Sirkuit Internasional Losail, Jumat (19/11/2021). Foto: Reuters/Antara

Pirelli mengungkap sejumlah insiden kegagalan ban di Grand Prix Qatar disebabkan karena para pembalap berulang kali melindas kerb sirkuit dan bukan karena cacat produksi.

Pebalap Mercedes Valtteri Bottas, duet tim Williams George Russell dan Nicholas Latifi, serta pembalap tim McLaren Lando Norris mendapati ban kiri depan mobilnya pecah di balapan malam hari di Sirkuit Losail dua pekan lalu saat mereka berupaya membuat strategi satu kali pitstop bekerja.

“Berdasarkan temuan sejauh ini, asal mula masalahnya terutama karena lamanya waktu ban ini dijalankan di atas kerb, dengan kecepatan tinggi dan dengan beban lateral dan vertikal yang cukup besar,” demikian pernyataan Pirelli seperti dilansir Reuters dan dikutip Antara, Jumat (3/12/2021), jelang Grand Prix Arab Saudi.

Pemasok utama ban untuk F1 itu mengatakan situasinya unik di Sirkuit Losail, trek yang menjadi langganan tuan rumah MotoGP dan untuk pertama kalinya digunakan di F1.

Pirelli menyebut pemakaian ban untuk melindas kerb telah merusak konstruksi ban dan menyebabkan hilangnya tekanan di dinding samping bagian dalam, yang menyebabkan struktur runtuh setelah beberapa detik.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs