Kamis, 25 April 2024

AS Roma Juara Liga Conference Usai Mengalahkan Feyenoord 1-0

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pemain AS Roma merayakan keberhasilan mereka menjuarai Liga Conference setelah mengalahkan Feyenoord pada partai final dengan skor 1-0 di Stadion Arena Kombetare, Tirana, Albania, Kamis (26/05/2022). Foto: Reuters

AS Roma juara Liga Conference usai menekuk Feyenoord dengan skor 1-0 pada partai final di Stadion Air Albania, Tirana, Albania, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB.

Nicolo Zaniolo menjadi pahlawan AS Roma berkat gol tunggal pada menit ke-32, memanfaatkan umpan dari Gianluca Mancini.

Melansir Antara, keberhasilan tersebut membuat AS Roma mendapatkan gelar juara kompetisi Eropa pertama mereka, setelah sebelumnya mencapai partai final Liga Champions musim 1983/84 dan Liga Europa (saat itu Piala UEFA) 1990/91.

Pada babak pertama, Roma harus melakukan pergantian dini karena Henrikh Mkhitaryan cedera otot, dan digantikan Sergio Oliviera.

Feyenoord menciptakan peluang lebih dulu melalui Orkun Kokcu setelah menerima umpan dari Cyriel Dessers. Namun, tendangannya belum tepat sasaran.

AS Roma memecah kebuntuan pada menit ke-32 setelah umpan jauh Gianluca Mancini berhasil diterima Nicolo Zaniolo, dan dengan tenang menaklukkan Justin Biljow penjaga gawang Feyenoord.

Berhasil unggul satu gol, Il Lupi kembali mendapat peluang melalui tandukan Chris Smalling setelah menerima umpan silang dari Lorenzo Pellegirni yang masih bisa dihalau lini pertahanan Feyenoord.

Di sisa waktu babak pertama, kedua tim terus melakukan jual beli serangan, namun peluang dari AS Roma dan Feyenoord belum membuahkan hasil dan skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Feyenoord mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat mengancam pada menit ke-47. Tapi, kesigapan Rui Patricio Kiper AS Roma tampil berhasil mengamankan gawangnya.

Tim asal Belanda kembali mengancam melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Tyrell Malacia, namun upayanya tersebut masih bisa ditepis Patricio.

AS Roma juga kembali mengancam melalui skema tendangan pojok dan Jordan Veretout melepaskan tembakan keras di dalam kotak penalti, tetapi masih bisa dihalau oleh Biljow.

Di sisa waktu babak kedua, Feyenoord lebih dominan melakukan serangan. Tapi, hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk keunggulan AS Roma tetap bertahan, hingga hasil akhir membuat AS Roma keluar sebagai pemenang dan juara kompetisi kasta ketiga UEFA tersebut.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version