Selasa, 23 April 2024

Maroko ke Perempat Final Usai Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pesepak bola Maroko Sofyan Amrabat (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Spanyol Gavi dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022, di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Selasa (6/12/2022). Hingga babak pertama usai pertandingan ini berakhir tanpa gol. Foto: Antara

Maroko melaju perempat final Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan Spanyol melalui babak adu penalti menyusul hasil imbang 0-0 selama 120 menit di Stadion Education City, Al Rayyan, Doha, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Berdasarkan catatan FIFA, Spanyol gagal mengeksekusi tiga gol lewat masing-masing pemain yakni Pablo Sarabia, Carlos Soler dan Sergio Busquets dalam babak adu penalti. Sementara tiga dari empat penendang Maroko yaitu Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech serta Achraf Hakimi sukses membobol gawang Unai Simon.

Mengutip Antara, kemenangan itu mengantarkan Maroko melaju perempat final Piala Dunia 2022 dan akan menghadapi pemenang dari pertandingan Portugal kontra Swiss.

Maroko memberikan ancaman terlebih dahulu pada babak pertama melalui tendangan bebas Hakimi, namun tendangan masih melambung di atas mistar gawang Spanyol.

Spanyol berbalik mengancam Marco Asensio yang merangsek ke kotak penalti Maroko, tetapi tendangan pemain Real Madrid itu masih mengenai sisi jaring gawang.

Maroko kemudian melancarkan serangan ke lini pertahanan Spanyol. Kali ini Noussair Mazraoui menendang keras dari luar kotak penalti, tetapi kiper Unai Simon mematahkan peluang tersebut.

Kedua tim saling melancarkan serangan di sisa waktu babak pertama, hingga babak pertama usai tidak ada tambahan gol dari kedua tim nasional. Skor masih bertahan 0-0.

Pada babak kedua, tempo permainan tetap berjalan sedang dan kedua tim berusaha membongkar lini pertahanan lawannya, selang 15 menit pertama belum ada yang mengancam.

Pada babak kedua tidak terlalu banyak peluang yang tercipta seperti babak pertama, sehingga pertandingan dilanjutkan ke waktu tambahan.

Maroko memiliki peluang pertama di waktu tambahan melalui Walid Cheddira, sayangnya tendangan masih mendatar dan dapat dihalau Simon.

Spanyol memegang kendali jalannya pertandingan dengan mendominasi penguasaan bola di menit terakhir waktu tambahan. Pablo Sarabia memiliki peluang emas untuk mencetak gol, akan tetapi tendangannya mengenai tiang gawang Maroko.

Bermain imbang tanpa gol selama 120 menit, Maroko memaksa Spanyol untuk melanjutkan melalui babak adu penalti untuk menentukan negara yang melanjutkan ke perempat final Piala Dunia 2022.

Pada babak adu penalti, Maroko mengambil giliran pertama melalui Abdelhamid Sabiri dan sukses melaksanakan tugasnya. Sedangkan, Pablo Sarabia tendangannya menghantam tiang gawang.

Selanjutnya Hakim Ziyech sukses melaksanakan tugasnya, di sisi lain Carlos Soler tendangannya dapat dibaca oleh Yassine Bounou.

Badr Benoun penendang Maroko gagal mengeksekusi bola pada giliran ketiga, begitupun Sergio Busquets pemain Spanyol yang tendangannya dapat dibaca Bounou.

Tendangan penentu dieksekusi Achraf Hakimi pemain Maroko dengan baik dan mengantarkan skuad asuhan Walid Regragui untuk pertama kalinya melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022.(ant/tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version