Jumat, 19 April 2024

FIFA Inspeksi Terakhir Stadion GBT dan Fasilitas Latihan Jelang Piala Dunia U-20

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Foto: Risky suarasurabaya.net

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), melakukan final inspection atau inspeksi terakhir Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (26/3/2023).

Inspeksi terakhir itu dilakukan untuk memastikan kesiapan Stadion GBT menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20, yang akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya mengatakan, inspeksi terakhir GBT itu dilakukan juga di lapangan pendukung A dan C, serta fasilitas stadion seperti ruang ganti pemain, rumput lapangan hingga ruang media.

“Rombongan FIFA juga ke lapangan latihan Gelora 10 Nopember dan Gelora Pancasila Surabaya, untuk mengecek rumput lapangan hingga fasilitas pendukung seperti akses pintu masuk,” ucapnya.

Ia mengatakan kalau pengecekan itu dilakukan berdasarkan hasil dari rekomendasi FIFA sebelumnya.

“Kemudian hari ini yang dibicarakan adalah bagaimana ticketing, flow parkir, kemudian siapa saja yang pakai parkir sisi utara GBT yang sekarang diperbaiki, kemudian terkait parkir boarding pass. Jadi hal-hal semacam itu, lebih teknis,” ucapnya.

Ia juga mengatakan secara overall, kesiapan Stadion GBT beserta sejumlah lapangan latihan seluruhnya berjalan dengan baik, termasuk fasilitas pendukung seperti pasokan listrik hingga akses parkir.

“Kami juga memastikan kembali entrance atau pintu masuk untuk suporter. Jadi, seperti itu tadi yang kita diskusikan,” ujarnya.

Khusus untuk lapangan pendukung, Wiwiek mengungkapkan jika FIFA memberikan sejumlah catatan kecil yang harus dilakukan penyesuaian. Meskipun begitu, dia memastikan penyesuaian itu tidak dalam kategori besar atau mayor.

“Ada perubahan-perubahan sedikit, tapi bukan mayor, yang hal-hal kemarin sudah disampaikan. Jadi, kita lebih kepada penyesuaian-penyesuaian, seperti itu,” ungkapnya.

Ia memastikan, Pemkot Surabaya bersama stakeholder terkait akan terus bekerja keras menyempurnakan kekurangan hingga berlangsungnya pelaksanaan Piala Dunia mulai Mei mendatang.

“Kita all out ya, kita akan terus sampai tanggal 20 Mei 2023, sampai selesai pun kami akan terus all out,” pungkasnya. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version