Jumat, 19 April 2024

Menteri PUPR Pastikan Revitalisasi Stadion Piala Dunia Rampung Sebelum April 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang digunakan sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Foto: Rizky suarasurabaya.net

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan revitalisasi stadion-stadion yang digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U20 di Indonesia bakal rampung sebelum April 2023. Sejauh ini, ia menyampaikan tahapan revitalisasi mendekati 100 persen.

“(Persiapan) menuju itu (100 persen). (Sebelum April 2023) kami siap. Semua yang masuk dalam program (Piala Dunia) U20 dan tempat untuk latihan (juga siap),” kata Basuki Hadimuljono saat ditemui pada sela-sela kunjungan kerjanya mendampingi Joko Widodo Presiden Republik Indonesia di Bali, Kamis (2/2/2023).

Piala Dunia U20 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Ada enam stadion yang telah mendapat persetujuan FIFA untuk menjadi lokasi Piala Dunia U-20, yaitu di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Jakabaring di Palembang, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Terkait itu, Kementerian PUPR bertugas merenovasi dan memastikan stadion-stadion yang menjadi lokasi Piala Dunia U-20 sesuai dengan standar FIFA.

Basuki menyampaikan anggaran renovasi itu secara keseluruhan mencapai Rp175 miliar.

“Itu Rp175 miliar semua. Ada lima stadion yang dipakai, terus yang 20 (lapangan) untuk latihan. (Stadion yang direvitalisasi, red.) ada di Palembang, Bandung, Solo, Bali, dan Surabaya,” kata Basuki, melansir Antara.

Dalam Piala Dunia U20, ada 24 negara yang bakal berkompetisi, tetapi sejauh ini baru 12 negara yang dipastikan bertanding, yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia dan Slovakia.

Sisanya, tim-tim lain dari benua Asia, Afrika dan Amerika Selatan baru dapat memiliki tiket untuk bertanding di Piala Dunia U20 setelah menjalani fase kualifikasi pada Februari-Maret 2023. Kualifikasi itu berupa turnamen U20 di wilayah tersebut.

Sementara itu, pengundian (drawing) grup Piala Dunia U20 2023 dijadwalkan berlangsung pada 1 April 2023.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version