Kamis, 25 April 2024

Perkuat Timnas Lawan Argentina, Aji Berharap Ernando Tampil Berani

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ernando Ari Sutaryadi kiper Persebaya saat menjalani pertandingan di Liga 1 musim 2022/2023. Foto: Persebaya

Ernando Ari Sutaryadi menjadi satu-satunya pemain Persebaya yang dipanggil oleh Shin Tae Yong Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk menjalani FIFA Matchday melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, pada Senin (19/6/2023) mendatang.

Aji Santoso Pelatih Persebaya memberi pesan kepada anak asuhnya yang berposisi sebagai penjaga gawang tersebut, agar tampil berani jika dipercaya main saat menghadapi tim besutan Lionel Scaloni itu.

“Dia (Ernando) di Timnas melawan tim yang levelnya jauh, mungkin bisa tiga level diatasnya Timnas Indonesia, tapi yang terpenting adalah bagaimana pemain-pemain kita bisa mengambil pelajaran dari tim kelas dunia,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Untuk mengambil pelajaran dari tim yang saat ini menempati posisi pertama di rangking FIFA itu, kata Aji, harus bermain sesuai dengan gaya Timnas Indonesia sendiri, tidak takut bermain dan tidak hanya sekedar melakukan pressing saat di lapangan.

“Levelnya, kualitasnya pasti berbeda, tetapi Timnas sendiri tidak boleh merubah cara main yang ditekankan sama pelatih, jangan nanti dipres tidak berani main seperti yang selama ini saya kira cukup bagus ya yang dimainkan coach Shin Tee Yong selama ini,” ujarnya.

Aji mengatakan, meskipun bermain dengan lawan yang lebih hebat, ketika mendapat preasure, para pemain harus bisa mempertahankan instruksi yang telah diperintah oleh jajaran tim pelatih.

Apalagi menurutnya, selama skuad Garuda berada di bawah nahkoda Shin Tae Yong, pola permainan yang diterapkan berjalan bagus, seperti satu dua sentuhan boa dengan satu dua kombinasi, hingga keberanian dalam mengambil langkah attacking.

“Tetapi kalau melawan tim besar terus dipres dan bolanya di tengah-tengah, itu tidak hebat,” ujarnya. Tapi saya yakin, sekelas coach Shin Tae Yong mereka tahu apa yang harus diperbuat saat lawan Argentina nanti,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam persiapan melawan Timnas Argentina nanti, skuad Garuda akan menjalani pemusatan latihan atau Training Canter (TC) terlebih dahulu, yang akan dimulai pada Jumat (5/6/2023) mendatang.

Sementara untuk pemain yang dipanggil untuk menjalani FIFA Matchday tersebut, ada sebanyak 26 pemain, termasuk pemain naturalisasi dan pemain yang saat ini sedang memperkuat klub luar negeri.(ris/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version