Sabtu, 24 Februari 2024

PT LIB Sebut 15 Sistem VAR Siap Dipakai Mulai Pekan ke-24 Liga 1

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Instruktur Hawkeye Eye memberikan pelatihan kepada calon replay operator dalam penggunaan video assistant referee (VAR) di kompetisi Liga 1 Indonesia yang digelar di salah satu hotel di Jakarta mulai 13 hingga 20 November 2023. Foto: Antara

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi menyebut sebanyak 15 sistem Video Assistant Referee (VAR) siap dipakai pada pertandingan-pertandingan di Liga 1.

“Sekarang kami ada 15 VAR, 13-nya mobile. Mungkin akan di Solo, mungkin ya, mungkin ada di Solo, mungkin ada di Bali, dan Bandung itu masih kemungkinan,” kata Sabina Katya Humas PT LIB dilansir Antara pada Rabu (6/12/2023) sore..

Sabina menyampaikan bahwa pengadaan VAR didapat dengan skema pembelian dari vendor Hawkeye. Sedangkan untuk sumber daya manusia yang akan menggunakan VAR, saat ini sejumlah wasit, asisten wasit, dan operator tayangan ulang/replay dibekali latihan lagi dan selanjutnya akan dilakukan simulasi di lapangan pada Januari 2024.

Rencananya VAR diterapkan pada pertandingan-pertandingan Liga 1 mulai pekan ke-24 atau pada pertengahan musim.

Saat ditanyai mengenai teknologi garis gawang (goal line technology), Sabina mengatakan bahwa teknologi tersebut belum akan diterapkan.

Sedangkan untuk alokasi biaya pengadaan VAR, Budiman Dalimunthe Chief of Business PT LIB mengungkapkan bahwa biaya investasi yang harus dikeluarkan mencapai lebih dari Rp100 miliar.

“Ini kan investasi kita untuk sepak bola bukan main main tolong dibantu. VAR itu pasti punya operator atau federasi kan kecuali LED kemarin kan sudah program itu,” ujar Budiman.

Penerapan VAR di Indonesia sebenarnya sudah diterapkan pada Piala Dunia U-17 2023. Saat itu, empat stadion yang menjadi tempat berlangsungnya pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 2023 yakni Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat, Jakarta International Stadium, dan Stadion Manahan Solo sudah menggunakan teknologi VAR. (ant/mel/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Kurs
Exit mobile version