Rabu, 28 Februari 2024

Valentino Rossi Beralih ke Balap Roda Empat WEC 2024

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Pebalap tim Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi di sela-sela tes pramusim di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Foto: Petronas SRT/ Antara

Valentino Rossi Legenda MotoGP akan beralih ke roda empat untuk mengikuti kejuaraan dunia ketahanan (endurance) FIA World Endurance Championship (WEC) 2024, AFP melaporkan pada Selasa (28/11/2023).

Dilansir dari Antara, juara dunia MotoGP tujuh kali itu, akan membalap bersama tim WRT Belgia dengan mengendarai salah satu dari 18 mobil yang masuk di kelas LMGT3, menggantikan kategori LMGTE Am.

Pembalap yang kini telah menginjak usia 44 tahun itu diperkirakan akan mengambil bagian dalam balapan endurance Le Mans 24 Jam yang legendaris pada 15-16 Juni 2024, setelah mencicipinya dengan memenangkan supporting race untuk tim WRT di sirkuit Sarthe, Prancis, tahun ini.

Perusahaan Belgia yang didirikan bersama oleh mantan pembalap Vincent Vosse itu pun akan berpartisipasi di kelas Hypercar pada tahun 2024 dengan dua BMW M Hybrid V8 dan di LMGT3 dengan M4 GT3 kedua.

“Saya sudah akrab dengan mobil setelah musim ini, namun format dengan tiga pembalap dari tiga kategori performa berbeda akan menjadi hal baru bagi saya,” ujar Rossi.

Sementara itu, identitas untuk rekan-rekan satu timnya pada 2024 belum dibocorkan.

Di sisi lain, Robert Kubica dari Polandia masuk dalam daftar peserta kelas premier Hypercar.

Mantan pebalap Formula 1 yang dinobatkan sebagai juara dunia endurance 2023 kategori under LMP2 itu akan mengendarai mobil Ferrari pribadinya.

Lebih lanjut, Mick Schumacher pembalap Jerman, putra mantan legenda Formula 1 Michael Schumacher, akan melakukan debut endurace-nya di kategori utama bersama Alpine.

Secara total, sebanyak 14 pabrikan akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini, termasuk sembilan di Hypercar, yang merupakan sebuah rekor dalam sejarah WEC.(ant/ath/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Kurs
Exit mobile version