Rabu, 29 Mei 2024

Gol Semata Wayang Komang Bawa Indonesia Kalahkan Australia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Komang Teguh Trisnanda pemain timnas Indonesia U-23 (kedua dari kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Australia pada pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024) malam WIB. Foto: Antara/ PSSI

Timnas Indonesia sukses meraih tiga poin perdana fase grup Piala Asia U-23 2024, usai mengalahkan Australia dalam pertandingan kedua grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Kemenangan Garuda Muda dalam pertandingan ini, berkat gol semata wayang Garuda Muda yang dibukukan Komang Teguh Trisnanda meneruskan sepakan Nathan Tjoe-A-on, dari situasi tendangan sudut, pada menit ke-45.

Dengan hasil ini, skuad asuhan Shin Tae-yong pelatih sukses bertengger di posisi kedua grup A dengan koleksi tiga poin dari dua laga, tepat di bawah Qatar di peringkat pertama yang baru akan melangsungkan pertandingan melawan posisi tiga, Jordania.

Sementara Australia, saat ini berada di dasar klasemen Grup A dengan raihan satu poin usai pertandingan pertama melawan Jordania berakhir imbang.

Jalannya pertandingan, Indonesia mencoba tampil menyerang dan tampil dominan sejak awal laga. Peluang didapat Indonesia pada menit kedua, Jeam Kelly Sroyer mendapat umpan silang mendatar dari Witan Sulaeman. Sayang sepakannya masih dapat ditepis Patrick Beach kiper Australia.

Peluang bagus berikutnya didapat Indonesia melalui Rafael Struick. Namun tembakannya yang melebar ke sisi kanan gawang Australia.

Indonesia sempat mendapat hukuman penalti, karena lengan Komang tertangkap VAR mengenai bola. Beruntung kegemilangan Ernando Ari kiper dapat mengantisipasi dengan sempurna eksekusi Toure di sisi kiri gawang. Skor tetap bertahan 0-0.

Kepercayaan diri Garuda pun meningkat usai aksi heroik Ernando. Puncaknya jelang turun minum, Indonesia mendapat tendangan sudut.

Bola tendangan sudut dapat diteruskan sundulan Muhammad Ferarri untuk diterima Nathan, yang melepaskan sepakan dan diteruskan sundulan Komang untuk masuk ke gawang Patrick Beach. Keunggulan 1-0 untuk Indonesia atas Australia.

Berlanjut ke babak kedua, jual beli serangan terjadi antar kedua tim. Namun, kedisiplinan pertahanan kedua tim membuat pertandingan berjalan alot.

Toure pemain Australia berkali-kali mengancam pertahanan Garuda Muda, tepatnya pada menit ke-65 dan menit 75. Namun usahanya mengancam gawang Ernando tak berbuah hasil karena off target.

Ernando pun melakukan penyelamatan heroik tepatnya pada menit ke-88, setelah sukses memblok tendangan keras Lachlan Brook.  Indonesia sejatinya punya peluang emas pada menit ke-95. Umpan tarik Nathan Tjoe diterima Marselino, akan tetapi sepakannya diblok bek Australia.

Hasil bertahan 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Tim Garuda menangi pertandingan pertama Piala Asia U-23 2024. (bil/ham)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version