Jumat, 19 Juli 2024

Timnas Indonesia Disebut Punya Bekal Kualifikasi Piala Dunia 2026

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Starting eleven Timnas U-23 Indonesia saat menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Senin (29/4/2024) malam WIB. Foto: AFC

Erick Thohir Ketua Umum PSSI menilai pemain Timnas U23 yang nantinya bergabung ke tim senior memiliki tiga bekal utama untuk menjalani kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Saya berharap pemain U23 yang nanti gabung di (tim) senior, jangan berkecil hati,” kata Erick Thohir di Denpasar, dikutip dari Antara pada Minggu (12/5/2024).

Tiga bekal itu yakni kesiapan fisik, mental dan inteligensi (IQ) sepak bola dari para pemain ketika menjalani pertandingan bergengsi di antaranya Piala Asia U-23 hingga play-off untuk Olimpiade 2024.

Meski belum membawa pulang hasil maksimal, namun skuad Garuda Muda memberikan pencapaian tinggi yakni masuk empat besar Piala Asia U23.

“Siapa pernah terpikir Timnas U-23 sampai di empat terbaik di Asia, tidak pernah kan? Buktinya bisa,” imbuhnya.

Sebelumnya, Timnas U-23 Indonesia dikalahkan Uzbekistan dengan skor 0-2 pada ajang Piala Asia U23 di Qatar pada 29 April lalu.

Sedangkan di Paris, Garuda Muda kalah tipis 0-1 dari Guinea pada Kamis (9/5/2024) lalu sehingga memupus harapan tampil di Olimpiade 2024

Ia pun menginginkan tiga bekal yang dikantongi tim Garuda Muda itu perlu ditingkatkan di antaranya melalui pemusatan latihan. Hingga uji coba dengan tim nasional negara lain sebagai ajang uji nyali dan menggali pengalaman.

“Kalau tidak begitu (uji coba) mereka tidak akan pernah siap,” ujar Menteri BUMN itu.

Nantinya bekal mental, fisik dan keahlian tersebut, lanjut dia, juga diharapkan tidak membuat Timnas U23 jemawa namun tetap meningkatkan kinerja di tim.

Erick menambahkan Juni 2024 menjadi bulan padat bagi para pemain yang bergabung di tim senior untuk melawan Irak dan Filipina untuk bisa tembus kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga dalam laga kandang.

“Jangan anggap remeh Filipina, mereka sudah ambil pelatih dari Belgia. Mereka juga rekrut pemain Filipina di luar negeri. Kita juga jangan jumawa harus siapkan tim terbaik,” katanya.

Ada pun putaran ketiga itu diikuti 18 negara yang dibagi dalam tiga grup.

“Ranking satu dan dua itu langsung ke Piala Dunia, amin. Ranking tiga dan empat diadu lagi,” imbuhnya. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version