Kamis, 20 Juni 2024

Verstappen Bangkit dan Rebut Pole Position di GP Jepang

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Max Verstappen (Red Bull) saat merebut pole position dalam GP Australia pada Maret 2024. Foto: Planet F1

Max Verstappen (Red Bull) bangkit dari hasil buruk di Grand Prix Australia dengan mengamankan pole position dalam sesi kualifikasi Grand Prix Jepang yang digelar di Sirkuit Internasional Suzuka.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (6/4/2024), ini merupakan pole position yang Verstappen raih untuk keempat kalinya secara berturut-turut pada Formula 1 musim 2024. Setelah sebelumnya menjadi polesitter pada Grand Prix Bahrain, Grand Prix Arab Saudi, dan Grand Prix Australia.

Selain itu, ini juga merupakan pole position ke-36 sepanjang karier balap sang juara dunia tiga kali di Formula 1 itu.

Adapun pembalap Belanda itu mencatatkan waktu putaran terbaik 1 menit 28,197 detik, unggul tipis 0,66 detik saja dari rekan satu timnya Sergio Perez yang finish di posisi kedua.

Sementara itu, pembalap muda Lando Norris (McLaren) tampil kompetitif dan mengintai di belakang dua pembalap Red Bull tersebut dengan selisih waktu masing-masing 0,292 detik dan 0,226 detik dari Verstappen dan Perez.

Dalam sesi kualifikasi itu, yang berada di posisi keempat adalah pemenang Grand Prix Australia dua pekan lalu, yaitu Carlos Sainz (Ferrari) yang memiliki margin 0,485 detik dari sang pemimpin balapan kali ini.

Sementara, posisi enam besar diisi oleh Fernando Alonso pembalap veteran dari Aston Martin dan Oscar Piastri dari McLaren yang tengah merayakan hari ulang tahunnya.

Tidak hanya itu, pembalap Lewis Hamilton (Mercedes) akan membagi barisan keempat bersama Charles Leclerc (Ferrari). Dan keduanya berada di depan George Russell (Mercedes) yang dijadwalkan diinvestigasi oleh stewards akibat insiden di pit lane Q1.

Selanjutnya, Yuki Tsunoda pembalap Jepang dari RB juga mengamankan posisi kesepuluh pada babak kualifikasi ini bersama Daniel Ricciardo rekan satu timnya yang berada di posisi ke-11.

Lebih lanjut, Balapan utama GP Jepang akan bergulir pada Minggu (7/3/2024) pukul 12.00 WIB. (ant/sya/saf/iss)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version