Selasa, 19 Maret 2024

Jelang Pemilu 2024, Khofifah Ajak Jaga Kerukunan dan Keutuhan Bangsa

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat berada dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (1/6/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengajak masyarakat untuk saling menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa.

“Tahun depan kita akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024, untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman dan damai, kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan,” ucapnya saat berada di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (1/6/2023).

Khofifah menegaskan, dengan menjalin kerukunan antar sesama warga masyarakat, suasana menjelang pemilu akan dapat terjaga dengan kondusif.

“Itu juga sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak dan berelasi setiap individu manusia Indonesia, sehingga akan terwujud nilai-nilai kemanusiaan dan solidaritas bangsa kita,” tuturnya.

Setiap komponen bangsa, menurutnya, harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Karena menurutnya, hal itu dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan.

“Sebagaimana yang dikatakan Bung Karno, bahwa nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat untuk terus menggelorakan semangat implementasi Pancasila dengan berkarya untuk membangun peradaban masa depan.

Sebab dengan menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kata Khofifah, dapat meningkatkan kinerja, menorehkan, prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.

“Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya,” pungkasnya.(ris/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version