Sabtu, 20 April 2024

KPU Surabaya Target Pleno Rekapitulasi Selesai dalam 6 Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana rapat pleno pembacaan hasil rekaptulasi penghitungan Formulir Model D Kecamatan Karangpilang di Kantor KPU Kota Surabaya, (28/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net Suasana rapat pleno pembacaan hasil rekaptulasi penghitungan Formulir Model D Kecamatan Karangpilang di Kantor KPU Kota Surabaya, (28/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menargetkan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kota bisa terselesaikan dalam kurun waktu enam hari.

“InsyaAllah kami target 4 Maret sudah selesai,” kata Suprayitno Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan saat jeda rapat pleno rekapitulasi di kantor lembaga terkait, Rabu (28/2/2024) dikutip Antara.

Dia menjelaskan jadwal pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada 17 Februari hingga 5 Maret 2024. Namun, KPU Kota Surabaya memutuskan pelaksanaan digelar pada tanggal 28 Februari 2024 lantaran mempertimbangkan berbagai dinamika tahapan di tingkat kecamatan.

Karena itu, jika pleno tingkat kota tidak selesai 4 Maret, maka masih ada sisa waktu satu hari atau yang menjadi batas akhir pelaksanaan untuk merampungkan tahapan secara keseluruhan. “Sekiranya ada yang molor bisa kami kejar di hari terakhir, yakni 5 Maret 2024,” ujarnya.

Sementara itu, rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat Kota Surabaya yang dilaksanakan hari ini diawali dari Kecamatan Karangpilang.

Nano menyebut PPK Karangpilang menjadi paling pertama menyerahkan dokumen ke KPU Kota Surabaya, yakni pada Selasa (27/2/2024) malam.

“Sehingga hari ini bisa dilakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat kota dengan mengundang beberapa pihak, yaitu saksi lintas partai politik, saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta saksi calon perseorangan atau DPD. Kami juga mengundang Bawaslu hingga instansi terkait,” ujarnya.

Nano menyebut untuk sementara pelaksanaan rekapitulasi hari ini berjalan lancar, meski tak dipungkiri ada dinamika yang muncul.

“Kalau merujuk fakta rekap tadi hanya satu itu, sementara terkait penggunaan Sirekap KPU dan itu kami tuangkan di formulir D catatan keberatan saksi tingkat kota dan kami sampaikan berjenjang nantinya ke KPU Jawa Timur, kemudian disampaikan saat rekapitulasi nasional oleh KPU RI,” tuturnya.

Pemilu Legislatif telah digelar 14 Februari 2024 yang pesertanya 18 partai politik dan Pemilihan Presiden diikuti tiga pasangan calon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version