ROAD TO GRAHADI

Khofifah-Emil Siapkan Kerja Cetar untuk Mengukur Kinerja Seluruh Dinas

Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 14 Februari 2019 | 13:50 WIB
Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak Gubernur dan Wakil Gubenur Jatim saat tiba di Bandara Internasional Juanda. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak Gubernur dan Wakil Gubenur Jatim telah tiba di Bandara Internasional Juanda. Setelah prosesi syukuran di Gedung Negara Grahadi, Kamis (14/2/2019), Khofifah-Emil akan langsung tancap gas kerja 99 hari pertama.

"Terima kasih telah menyambut kami. Setelah pelantikan, inilah pertama kali kami menginjakkan di bumi Jatim. Kami akan langsung kerja dan butuh dukungan semua pihak untuk mewujudkan Jatim berkemajuan berkemakmuran. Support teman media juga sangat penting, kami juga berharap seluruh masyarakat Jatim semuanya bisa bersatu padu membawa Jatim maju-makmur," ujar Khofifah di VIP Room Bandara Internasional Juanda.

Menurut Khofifah, konsep Jatim maju dan makmur ini adalah bagian perpaduan program Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti. Pihaknya mengaku telah berkomunikasi dengan Gus Ipul dan Mbak Puti mantan lawan dalam kontestasi Pilgub Jatim 2018 lalu.

"Jatim Makmur adalah dari mengakomodir gagasan Gus Ipul-Mbak Puti. Bagaimana bisa membawa kemakmuran dan kesejahteraan desa yang diusung Gus Ipul seperti Desa Cemara. Mas Emil sangat konsen membentuk desa wisata dengan support infrastruktur dan SDM," katanya.

Khofifah mengatakan, di program 99 Hari Kerja nanti, dia membagi tiga tahap, 33 hari pertama, 33 hari kedua dan 33 hari ketiga. Ada yang menggunakan APBD dan non APBD. Dalam program itu juga dicanangkan konsep Cetar (cepat layanan, efektif, tanggap dan responsif) di masing-masing Dinas.

"Jadk nanti ada ruh ada audit Cetar. Dishub sudah Cetar apa belum, Dinkes sudah cetar belum, dan Dispendik sudah cetar apa belum, serta lainnya. Jadi, konsep Cetar ini bisa menjadi evaluasi masyarakat Jatim untuk kinerja Dinas, ada kecepatan, ada efektifitas, sikap tanggap, dan respons dari seluruh laporan dan direkomendasikan masyarakat Jatim," katanya.

Menurut Khofifah program 99 hari juga mengedepankan layanan pendidikan, kesehatan, investasi, dan pro lingkungan.

"Kami sudah rapat sampai dini hari. Secara bertahap semoga temen-temen di Pemprov bisa mengikuti," katanya.

Meski telah resmi dilantik oleh Joko Widodo Presiden pada Rabu kemarin. Tapi, Khofifah-Emil masih menggunakan kendaraan pribadi dan sopir pribadi dalam berkegiatan. Bahkan, dia mengaku masih tinggal di rumahnya Jl Jemursari Surabaya.

"Masih pakai mobil pribadi, pak Emil juga masih pakai mobil pribadi. Sambil jalan nanti. Saya masih tinggal di Jemursari," kata Khofifah. (bid/dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.