ROAD TO ISTANA

Hari Ini, Jokowi Kampanye Terbuka di Tiga Daerah Jawa Timur

Laporan Farid Kusuma | Senin, 25 Maret 2019 | 15:32 WIB
Joko Widodo Calon Presiden nomor urut 01. Foto: Biro Pers Setpres
suarasurabaya.net - Joko Widodo calon presiden nomor urut 01 pada Pemilihan Presiden tahun 2019, hari ini, Senin (25/3/2019), melakukan kampanye terbuka atau rapat umum di sejumlah daerah Jawa Timur.

Menurut keterangan Hasto Kristiyanto Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, ada tiga lokasi yang hari ini dikunjungi Jokowi di Jawa Timur.

Pertama, daerah Banyuwangi. Acara kampanye yang digelar di Taman Blambangan, siang hari ini, dikemas dalam bentuk diskusi bertajuk Ngobrol Inspiratif Bareng Joko Widodo (Ngopi Jokowi).

Kegiatan itu digagas oleh Komunitas Relawan Pengusaha Muda Nasional Untuk Jokowi Ma'ruf Amin (Repnas).


Dari Bayuwangi, lanjut Hasto, sore harinya Jokowi dan tim pemenangannya akan melanjutkan perjalanan ke Gelanggang Olah Raga (GOR) Jember.

Sesudah kampanye di Jember, nanti malam rencananya Jokowi dan tim akan menutup kampanye hari ini di GOR Ken Arok, Malang.

Seperti diketahui, Jawa Timur adalah salah satu daerah penentu kemenangan dalam pemilihan presiden langsung pascareformasi.

Berdasarkan data KPU Provinsi Jawa Timur per Februari 2019, ada sekitar 30,9 juta masyarakat calon pemilih.

Jumlah itu sekitar 16 persen dari 192 juta total keseluruhan pemilik suara nasional yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Berbeda dengan kampanye terbuka perdana yang dihelat di daerah Banten, Minggu (24/3/2019), kali ini Jokowi calon presiden petahana tidak didampingi KH Ma'ruf Amin calon wakil presiden.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan zonasi dan jadwal kampanye untuk kedua pasangan calon presiden dan partai politik dalam Pemilu 2019.

Masing-masing pasangan calon dan partai pendukung, nantinya berpindah zona secara bergiliran setiap dua hari sekali.

Kemarin, Minggu (24/3/2019), Prabowo Subianto calon presiden nomor urut 02 mengawali kampanye terbuka di Kota Manado, Sulawesi Utara, dan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sedangkan Sandiaga Uno calon wakil presiden nomor urut 02, melakukan kampanye di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. (rid/tin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.