Kamis, 25 April 2024

Taman Wisata Alam Kawah Ijen Resmi Dibuka Lagi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Peresmian pembukaan kembali Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Sabtu (11/7/2020). Foto: Antara

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang terkenal dengan api biru resmi dibuka kembali bagi wisatawan, Sabtu (11/7/2020). Simulasi dan evaluasi penerapan protokol new normal selesai.

Seremoni pembukaan kembali TWA Kawah Ijen ini melibatkan stakeholder terkait, dipimpin R Tjahjo Widodo Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V, Jember.

“Sesuai Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dibukanya kembali Kawah Ijen harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Ini dibuka setelah ada rekomendasi dari Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso,” kata Tjahjo.

Bupati Banyuwangi dan Bondowoso, kata Tjahjo, sebelumnya sudah menerjunkan tim pemantau yang memastikan pengelola wisata sudah menerapkan protokol kesehatan.

Pembukaan kembali wisata favorit Kawah Ijen ini juga rekomendasi BKSDA Jawa Timur yang akan terus dievaluasi secara berkala, baik oleh Pemkab Banyuwangi maupun Bondowoso.

“Jangan sampai dengan dibukanya kembali wisata Kawah Ijen, ini justru menjadi tempat baru penyebaran Covid-19,” katanya sebagaimana dikutip Antara.

Mujiono Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi setelah peresmian itu bilang, dia ingatkan lagi pengunjung tempat wisata mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Syarat itu yang dia minta seiring niat  pembukaan kembali Kawah Ijen yang menurutnya merupakan ikhtiar Pemkab Banyuwangi supaya perekonomian masyarakat bisa kembali berjalan.

Mujiono juga memastikan, Pemkab Banyuwangi siap bersinergi bersama Pemkab Bondowoso untuk secara rutin dan berkala melakukan evaluasi setelah TWA Kawah Ijen resmi dibuka lagi.

“Saat ini Pemkab Banyuwangi juga mempersiapkan infrastruktur jalan yang beberapa waktu lalu terjadi bencana alam tanah longsor. Supaya akses kembali normal,” katanya.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version