Kamis, 18 April 2024

Studi: Pemilik Hewan Peliharaan Punya Daya Ingat Lebih Baik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi kucing.

Sebuah studi menyatakan orang yang memiliki hewan peliharaan di rumah bisa memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

Menurut studi yang tercatat di American Academy of Neurology dan rencananya dipresentasikan April 2022, pemilik hewan peliharaan yang sudah lanjut usia memiliki tingkat penurunan kognitif lebih lambat dibandingkan orang tanpa hewan peliharaan.

Dilansir Antara dari Insider, Minggu (27/2/2022), para peneliti menggunakan data dari University of Michigan’s Health and Retirement Study untuk membandingkan skor kognitif pemilik hewan peliharaan dan bukan pemilik hewan peliharaan.

Studi awal melibatkan beberapa tes untuk mengevaluasi memori dan kognisi selama enam tahun. Selama masa studi, peserta diberi skor dengan skala 27 poin berdasarkan kemampuan kognitifnya.

Peserta yang menunjukkan tanda-tanda penurunan kognitif pada awal penelitian tidak termasuk dalam sampel akhir dari 1.369 orang dewasa sekitar usia 65 tahun.

Hasilnya, para peneliti menemukan penurunan kognitif pemilik hewan peliharaan dalam jangka panjang lebih lambat 1,2 poin dibandingkan orang yang tidak punya hewan peliharaan.

Lebih dari setengah partisipan studi melaporkan memiliki hewan peliharaan pada saat survei, dan 32 persen memiliki hewan peliharaan selama lima tahun atau lebih.

Studi sebelumnya menggambarkan hubungan antara kepemilikan hewan peliharaan dan manfaat kesehatan jantung, seperti detak jantung istirahat yang lebih rendah, dan tekanan darah dasar.

Berdasarkan studi tersebut, ada kemungkinan mempunyai hewan peliharaan dapat melindungi dari stres walau pun penelitian belum membuktikan sebab akibat langsung.

“Karena stres dapat mempengaruhi fungsi kognitif secara negatif, efek penyangga stres potensial dari kepemilikan hewan peliharaan dapat memberikan alasan yang masuk akal untuk temuan kami,” kata penulis studi Tiffany Braley, seorang profesor neurologi di University of Michigan.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs